PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN PRODUK

https://doi.org/10.22146/jmpf.263

Putu Yudhistira Budhi Setiawan(1*), Ahmad Fudholi(2), Satibi Satibi(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pasar dunia yang semakin kompetitif, membuat dunia usaha khususnya industri obat tradisional dituntut untuk profesional, serta dapat menanggapi kebutuhan konsumen. PT Karya Pak Oles yang bergerak pada industri obat tradisional harus dapat mengetahui situasi dan mempunyai suatu keunggulan bersaing. Bauran pemasaran sangat berperan penting dalam dunia usaha saat ini, karena kepuasan dan loyalitas konsumen tercipta dari strategi yang baik oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini menganalisis apakah komponen dari bauran pemasaran berpengaruh positif pada kepuasan dan pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen.

Penelitian ini menggunakan metode survey. Data dikumpulkan dengan metode purposive sampling menggunkan alat penelitian berupa kuisioner dengan jumlah sampel 421 responden yang berada di Denpasar selama bulan Januari sampai April 1016. Kuisioner diuji validitas dan reliabilitasnya terhadap responden pelanggan produk buatan PT Karya Pak Oles. Hasil kuisioner kemudian dianalisis deskriptif kualitatif untuk mengetahui karakteristik responden. Analisis kuantitatif untuk mengetahui kinerja bauran pemasaran, serta mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan terhadap kepuasan dan loyalitas.

Pada penelitian didapatkan hasil bahwa setiap komponen komponen bauran pemasaran (produk, harga, promosi, dan tempat) pengaruh positif terhadap kepuasan. Dimana komponen bauran pemasaran yang memiliki pengaruh dominan adalah harga dan diikuti oleh produk. Hubungan kepuasan konsumen terhadap loyalitas memberikan pengaruh positif terhadap loyalitas konsumen PT Pak Oles di Denpasar

Kata kunci: bauran pemasaran, kepuasan, loyalitas


Full Text:

Untitled


References

Abdullah, T. dan Tantri, F., 2012. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Aryani dan Rosinta, F., 2010. Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Ilmu administrasi dan Organisasi, , 2 17: 114–126.

Constantin, I., 2011. Marketing Higher Education Using 7 PS Framework. Bulletin of The Transilvania University of Brasov, 4: 23–30.

Hidayat, R., 2002. Pengaruh Kualitas layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank Mandiri. Jurnal Manajeman dan Kewirausahaan, 11: 59–72.

Hariyanti, T., 2015. Analisis Bauran Pemasaran Pada Loyalitas Merek Melalui Kepuasan Pelanggan Produk Dekoratif Mustika Ratu, Tesis, Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Ismiyana, F., 2013. Gambaran Penggunaan Obat Tradisional Untuk Pengobatan Sendiri Pada Masyarakat Di Desa Jimus Polanharjo Klaten, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khan, M. dan Ziauddin, J., 2012. The Impact of Organizational Commitment on employee Job Performance. European Journal of Social Sciences, 15: 42.

Kusumawati, A. dan Normasari, S., 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Citra Perusahaan dan Loyalitas Pelanggan Survei Pada Tamu Pelanggan Yang Menginap Di Hotel Pelangi Malang. Jurnal Administrasi Bisnis, 6: 2.

Kotler, P., 2002. Marketing Management, 11 edition. ed. Prentice Hall, Upper Saddle River, N.J.

Kotler, P. dan Amstrong, G., 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, 13th ed. Erlangga, Jakarta.

McIlroy, A. dan Barnett, S., 2000. Bulid Costumer Relationship: Do Discount Card Work? Managing Service Quality, 10: 347–355.

Morgan, R. dan Hunt, S., 1994. The commitment -Thurst Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58: 20–38.

Nur Prabowo, W., 2015. Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi, Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Empiris Pada Konsumen Indomaret di Kabupaten Karanganyar), Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Priyatno, D, 2008. Mandiri Belajar SPSS. MediaKom, Yogyakarta.

Samuel, H., 2005. Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak &Ribs Surabaya). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 7: 74–82.

Selnes, F., 199. An Examination of the Effect of Product Performance on Brand Reputation, Satisfaction and Loyalty. European Journal of Marketing, 27: 19–35

Singh, M., 2012. Marketing Mix of 4P’S for Competitive Advantage. IOSR Journal of Business and Management (IOSRJBM), 3: 40–45.

Sunyoto, D., 2012. Konsep Dasar Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta.

Suyonto, D., 2012. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Center of Academic Publishing Service, Yogyakarta.

Ramadhan, T., 2014. Analisis Pemilihan Produk Obat Flu Over The Counter Berdasarkan Bauran Pemasaran Di Kecamatan Mlati, Ngalik, dan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi, Fakultas Farmasi. Universitas Gadjah Mada

Vithoruna., 2016. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Pada Loyalitas Konsumen Dengan Niat Beli Ulang Sebagai Variabel Pemediasi Serta Ongkos Beralih Merek Sebagai Variabel Pemoderasi Pada KFC Mall Citraland Semarang, Tesis, Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Zeithalm, A. dan Bitner, M., 2002. Service Marketing. Ed McGraw Hill, Boston, hal. 25,37,319.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.263

Article Metrics

Abstract views : 27174 | views : 36243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats