PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA KARYAWAN DI YOGYAKARTA

https://doi.org/10.22146/jmpf.254

Lana Sari(1*), Sampurno Sampurno(2), Djoko Wahyono(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Seorang karyawan yang memiliki kepuasan kerja tinggi akan loyal terhadap organisasinya dan akan meningkatkan kinerja sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Yogyakarta. Rancangan penelitian yang digunakan adalah non eksperimental dengan analitik cross sectional. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda untuk mengetahui pengaruh hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan alat penelitian berupa kuesioner yang diberikan kepada responden, yaitu karyawan tetap Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Yogyakarta yang sudah bekerja minimal selama 2 tahun.Responden dalam penelitian ini sebanyak 76 orang. Berdasarkan hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan dan budaya organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja karyawanp=0,000. Secara parsial berdasarkan analisis regresi linear menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadapkepuasan kerja karyawan dengan nilai p=0,000. Selanjutnya hasil analisis parsial menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan dengan nilai p=0,002.

 

Kata kunci: kepemimpinan, budaya organisasi, kepuasan kerja


Full Text:

PDF


References

Aamodt, M.G. 2007, Industrial Organizational Psycology an Aplied Approach 5th ed. USA: Thomson Wodsworth, p 363.

Azwar, S.2012, Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, hlm. 7-10.

Bass, B.M dan Avolio, 1990, “The Implications of Transaksional and Transformational”, Team and Organization Development, 4, p 231-273.

Daft, R.L. 2005, The Leadership Experience, 3thed. USA: Thomson South-Western, Chapt.4 (153-155), Chapt.14 (557-558).

Emery, C.R and Barker, K.J. 2007, “The Effect Of Transaksional And Transformasional Leadership Styles On The Organizational Commitment And Job Satisfaction of customer Contact Personnel. Journal of Organization Culture, Communication and Conflict,Vol.11 No.1 p 7.

Heriyanti, D. 2007, Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Komitmen Organisasional Sebagai Variabel Interverning. Tesis. Universitas Diponegoro, Semarang, 18.

Hidayati, L.N., Arum, D. dan Dyna, H.S. 2009, Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan :Studi Empiris Pada Karyawan Fise Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta,hlm. 2.

Kirk, L.R. 2001, Human Resources practices, Organizational Climates and Employee Satisfaction. Academy of Management Review, July, p 619-644

Lok, P and Crawford, J. 2004, The Effect of Organizational Culture and Leadership Style on Job Satisfaction and Organizational Commitment. The Journal of Management Development,Vol.23 No.3 p.321.

Mariam, R. 2009, Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja karyawan Melalui Kepuasan Kerja Karyawan Sebagai Variabel Intervening: Studi Pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Tesis.Universitas Diponegoro, Semarang, hlm.xii-xxiv.

Mulyanto. 2011, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderating :Studi Kasus Di Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Karanganyar. Tesis. STIE AUB, Surakarta, 2-3.

Ogbonna, E and Harris, L.C. 2000, Leadership Style, Organizational Culture and Perpormance : Empirical Evidence from UK Companies International.Journal of Human Resources Management, Vol. 11, No.4, p 77.

Ompusnggu, Dewi R. 2011, Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Inovatif Karyawan : Studi Pada Rumah Sakit Umum UKI Jakarta Timur. Tesis.Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 38.

Priyatno, D. 2008, Mandiri Belajar SPSS.PT. Buku Kita. Yogyakarta, hlm.16-28,39-40,66,73.

Rad, A.M.M and Yarmohammadian, M.H. 2006, “A Study of Relationship Between Managers’s Leadership Style and Employes’ Job Satisfaction.” Leadership in Health Services Journal,Vol.19.No.2,p xi-xxvii.

Robbins, S.P. 2006, Perilaku Organisasi, terj. Drs. Benyamin Molan, ed, 10. Jakarta: PT.Index Kelompok Gramedia, chapt.12 (368-382), chapt.16 (512-523).

Soedjono.2005, Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya.Jurnal Manajemen & Kewirausahaan,Vol.7 No.1, 28.

Suryana, N., Siti, H. dan Muhammad, I.T. 2008, Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan dan Kinerja Perusahaan : Studi Kasus Di Divisi Tambang PT. Inco Sorowako. Tesis. Universitas Hasanuddin, Makassar, hlm.3-4.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmpf.254

Article Metrics

Abstract views : 13047 | views : 13458

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 JURNAL MANAJEMEN DAN PELAYANAN FARMASI (Journal of Management and Pharmacy Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

©Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi
Faculty of Pharmacy
Universitas Gadjah Mada
Creative Commons License
View My Stats