Analisis patahan fatigue pada steel bucket pin produk lokal

https://doi.org/10.22146/jmtp.66318

Kevin Riefhano Setya Putra(1), Handoko - Handoko(2*)

(1) Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Komponen steel bucket pin produk lokal yang digunakan pada excavator Komatsu seri PC200-7 mengalami patah saat penggunaan 2.000 jam. Sebagai pembanding, umur pakai komponen standar dari produsen excavator bisa tahan hingga pemakaian 10.000 jam. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui penyebab steel pin bucket produk lokal patah pada umur yang pendek. Beberapa kemungkinan penyebab steel pin bucket patah adalah cacat material, kesalahan produksi dan pengoperasian. Metode yang dilakukan adalah menganalisis patahan pin dengan pengamatan visual dan foto makro, pengujian sifat mekanis, analisis material composition, dan pengamatan struktur mikro. Hasil pengamatan visual menunjukkan bahwa pin mengalami patah fatigue akibat overload dan beban impak. Hal ini terjadi karena munculnya konsentrasi tegangan di bagian permukaan yang disebabkan oleh pitting dan korosi. Selain itu, komposisi material pin menunjukkan bahwa bahan yang digunakan adalah baja karbon dengan kadar karbon kurang dari 0,8%. Bahan ini tidak sesuai untuk pin karena ketangguhan dan kekuatan dari material kurang.


Keywords


pin, excavator, fracture, fatigue, baja karbon

Full Text:

PDF


References

[1] Callister, W., and Rethwisch, D., 2010, Materials Science and Engineering: An Introduction, 8th Ed., John Wiley & Sons, Inc.

[2] Djaprie, S., and Dieter, G., 1996, Metalurgi Mekanik, Jilid 1, Edisi 3, Erlangga, Jakarta.

[3] Campbell, F., 2012, Fatigue and Fracture: Understanding the Basics, ASM International, Ohio.

[4] Gere, J., & Timoshenko, S. (2002). Mekanika Bahan. Jakarta: Erlangga.

[5] Steiner, R., 1990, ASM Handbook, Volume 1: Properties and Selection: Irons, Steels, and High Performance Alloys, ASM International, New York.

[6] Yu, Y., Shironita, S., Nakatsuyama, K., Souma, K., Umeda, M., 2016, “Surface composition effect of nitriding Ni-free stainless steel as bipolar plate of polymer electrolyte fuel cell”, Applied Surface Science (388) Part A, pp. 234-238.



DOI: https://doi.org/10.22146/jmtp.66318

Article Metrics

Abstract views : 1731 | views : 1411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Material dan Teknologi Proses

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Material dan Teknologi Proses (ISSN 2477 - 2135) diterbitkan oleh Departemen Teknik Mesin, Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada yang beralamatkan di Jalan Yacaranda, Sekip, Unit IV, Yogyakarta 55281. Konten situs web ini dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.