FORUM INTERNET SEBAGAI CYBER PUBLIC SPACE: ANALISA KOMPARASI KASKUS, ADSENSE-ID DAN SEMPROT.COM

https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23527

Roikan Roikan(1*)

(1) Universitas Brawijaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan internet di Indonesia berdasarkan pengamatan saya mulai marak pada era akhir tahun 90-an dengan munculnya jasa warung internet (warnet). Berbagai kemudahan ditawarkan dari internet, dari mesin pencarian, surat elektronik (email), berita, jejaring sosial sampai forum. Forum dalam internet menjadi media penyampaian berita, diskusi sampai penyajian informasi dalam lingkup bidang khusus yang didominasi oleh interaksi yang intensif di antara anggotanya. Artikel ini mendiskusikan peranan forum cyber di internet sebagai ruang publik dengan menggunakan pendekatan antropologi visual dan antropologi media massa. Artikel ini juga memfokuskan diri pada fenomena komunitas-komunitas cyber dan interaksi mereka di dalam dunia virtual seperti KASKUS, Adsense-Id dan Semprot.com. Metode Penelitian yang digunakan di dalam artikel ini adalah analisis forum internet dengan menggunakan analisis partisipasi, analisis isi, dan analisis tema.

Keywords


Internet Forums; Social Media, Online Ads; Public Space

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23527

Article Metrics

Abstract views : 7365 | views : 7425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pemikiran Sosiologi



Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:

Crossref Member Badge        

ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).


free
web stats View my stats