Uang dan Peluang: Konsumsi Barang Virtual dalam Game RF Online Indonesia
Ardhano Priatama(1*)
(1) Departemen Sosiologi, Fisipol UGM.
(*) Corresponding Author
Abstract
Studi mengenai permainan daring merupakan fenomena yang menarik karena para pemain terlibat dalam aktivitas budaya ekonomi yang praktiknya belum cukup banyak dikenali atau tidak biasa. Salah satu contoh ditunjukkan melalui transaksi jual beli barang virtual yang melibatkan pertukaran barang dan uang yang dilakukan oleh para pemain. RF Online merupakan salah satu permainan daring di Indonesia yang melibatkan transaksi uang dengan suku bunga yang tinggi melalui pertukaran barang virtual. Barang virtual adalah kumpulan data komputer yang dianggap setara dengan nilai uang yang konkrit. Kajian ini menunjukkan bahwa kekayaan yang bersifat non fisik (intangible) mempengaruhi banyak orang untuk terus mengkonsumsi permainan daring. Kesediaan para pemain untuk membeli barang-barang virtual mengindikasikan bahwa ada “keuntungan” yang ada dibalik perilaku mengkonsumsi permainan daring tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab bagaimana konsumsi barang-barang virtual memberikan keuntungan pada para pemain RF Online. Metode virtual etnografi yang dilakukan dalam studi ini menunjukkan bahwa keuntungan-keuntungan dari konsumsi barang-barang virtual dalam permainan daring diobyektifikasikan melalui kapital budaya. Kapital budaya ini hanya dapat diperoleh dengan memperluas akses jejaring sosial yang menghasilkan cara-cara memperoleh keuntungan ekonomi.
Keywords
permainan daring (online game), barang-barang virtual, perilaku konsumsi, kapital budaya-sosial-ekonomi, cara-cara memperoleh keuntungan ekonomi (economic profiting).
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jps.v5i2.44633
Article Metrics
Abstract views : 4496 | views : 7206Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pemikiran Sosiologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).