Komite Sekolah dan Pengembangan Pendidikan: Studi Kasus SMA Makassar
Nurindah Sari(1*), Kaharuddin Kaharuddin(2), Zainudin Hassan(3)
(1) Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
(2) Program Studi Pendidikan Sosiologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.
(3) Universiti Teknologi Malaysia.
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kontribusi komite sekolah dalam pengembangan pendidikan dengan menggunakan studi kasus percontohan di SMA Makassar. Penelitian ini mendeskripsikan faktor penghambat peran komite sekolah dalam pengembangan pendidikan di SMA Makassar. Metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kontribusi komite sekolah dalam pengembangan pendidikan hanya terlihat pada pemberian pertimbangan atau ide-ide formal, mengontrol dan mengawasi siswa, serta menjadi mediator antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dan masyarakat. Salah satu faktor penting yang menghambat komite sekolah dalam pengembangan pendidikan lebih lanjut adalah persepsi umum bahwa komite sekolah tidak memiliki dana sehingga banyak anggota komite sekolah merasa tidak memiliki kewajiban dalam menyelesaikan persoalan infrastuktur dan perolehan sumberdaya untuk sekolah.
Keywords
komite sekolah, pengembangan pendidikan, peran mediator pendidikan, Sekolah Menengah Atas (SMA)
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jps.v7i1.57677
Article Metrics
Abstract views : 3370 | views : 2193Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pemikiran Sosiologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).