Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Willingness to Pay Taman Wisata Alam Kawah Ijen

https://doi.org/10.22146/jpt.66157

Esa Riandy Cardias(1*), Chafid Fandeli(2)

(1) Universitas Gadjah Mada
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Taman Wisata Alam Kawah Ijen (92 ha) merupakan bagian dari kawasan Cagar Alam Kawah Ijen (2.468 ha) tempat berbagai biota langka dilindungi. UNESCO menetapkan Kawah Ijen sebagai salah satu Cagar Biosfer  dari 120 negara di dunia (2016). Segala keunikan yang dimiliki TWAKI menyebabkan kunjungan wisatawan ke  destinasi ini cenderung meningkat signifikan, dan pada akhirnya daya dukung lingkungan terlampaui empat tahun terakhir. Oleh karenanya dibutuhkan pengelolaan destinasi yang tepat, namun dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Willingness to pay (WTP) wisatawan diharapkan sebagai sumber pendanaan lain diluar pemerintah, dan patokan dalam mengukur WTP adalah memberikan kepuasan maksimal kepada wisatawan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan wisatawan dan pengaruhnya terhadap WTP, serta tingkatan WTP. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif  dengan alat Partial Least Square Path Modelling (PLS-PM). Metode tersebut dipilih untuk mengetahui ukuran korelasional dan kausal antar variabel serta menguji signifikansi dari hipotesis. Hasil penelitian menunjukan aspek atraksi, amenitas, aksesibilitas eksternal, aksesibilitas internal, sumber daya manusia, dan citra destinasi merefleksikan  kepuasan wisatawan; kepuasan wisatawan berdasarkan aspek atraksi wisata, sumber daya manusia, dan citra destinasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap WTP. Sementara kepuasan wisatawan berdasarkan aspek amenitas; aksesibilitas eksternal; dan aksesibilitas internal tidak berpengaruh terhadap WTP. Nilai rataan WTP wisatawan mancanegara US$ 28 dan Rp.25.000  wisatawan nusantara, sehingga masing-masing nilai ekonomi ekowisata dan perkiraan pendapatan dari penjualan tiket berdasarkan nilai WTP adalah US$ 864.528 atau sekitar 12 milyar dan Rp.3.776.800.000.


Keywords


Taman Wisata Alam; Ekowisata; Kepuasan Wisatawan; Willingness To pay; dan Partial Least Square Path Modelling

Full Text:

PDF


References

Amir, S. (2012). Optimasi Pemanfaatan Wisata Bahari Bagi Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Berbasis Mitigasi (Kasus Kawasan Gili Indah Kabupaten Lombok Utara Provinsi Nusa Tenggara Barat). Institut Pertanian Bogor.

Aryasa, A.M. (2017). Pengembangan Pengelolaan Kawasan Konservasi Dalam Taman Wisata Alam Telaga Warna-Telaga Pengilon Kabupaten Wonosobo. Tesis, Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Universitas Diponegoro.

Beljai, M., Muntasib, H., & Sulistyantara, B. (2014). Konsep Penataan Lanskap Untuk Wisata Alam di Kawasan Taman Wisata Alam Sorong. Jurnal Manusia dan Lingkungan, 21(3), 356-365.

Dhaniswara, M. (2014). Analisis Willingness To Pay Menuju Pelestarian Ekosistem Wisata Bahari Karimunjawa Jawa Tengah. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Demirgunes, B.K. (2015). Relative Importance of Perceived Value, Satisfaction and Perceived Risk on Willingness To Pay More. International Review of Management Marketing Econjournals, 5(4), 211-220.

Fandeli, C. (2000). Pengembangan Ekowisata Berbasis Konservasi di Taman Nasional. Fakultas Kehutanan UGM, Pusat Studi Pariwisata UGM, dan Kantor Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia.

Fandeli, C. (2002). Perencanaan Kepariwisataan Alam. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada: Yogyakarta.

Fitroh, S.K.A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Wisata Alam Kawah Ijen). Jurnal Administrasi Bisnis, 42(2), 20-31.

Gall, E.M.L. (2009). Definition, Measurement and Determinant of The Consumer’s Willingness to Pay: A Critical Synthesis and Directions for Further Research. Recherche et Applications en Marketing 24, 91-113.

Grunewald, O. (2008) Kawah Ijen Vulcano Indonesia. www.olivergrunewald.com

Huang, Q.M., & Satchabut, T. (2016). Factors Affecting Foreign Tourist’s Satisfaction and Willingness To Pay More for Visiting Bangkok. School of Business, University of the Thai Chamber of Commerce.

Ichsani, I.Y. (2014). Place Brand Experience Wisatawan Kawah Ijen Terkait City Branding The Sun Rise of Java Kabupaten Banyuwangi.Ilmu Komunikasi-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Brawijaya.

Indahyanti, U. (2013). PPS-PLS. diakses pada Juni 2019.

Isnan, W. (2007). Kesediaan Membayar Pengunjung sebagai Dasar Pengelolaan Pariwisata Berkelanjutan. Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Makassar, EBONI 14(2), 111-121.

Kencana, I.P.E.N., & Mertha, I.W. (2014). People Participation as Sosial Capital for Realizing Sustainable Ecotourism. International Journal of Social, Management, Economics and Business Engineering, 8(10), 3014-3020.

Muhamad. (2013). Kapasitas Daya Dukung Fisik dan Lingkungan Optimal Sebagai Daya Dukung Kepariwisataan Alam Yogyakarta Utara setelah Pascaerupsi merapi 2010. Jurnal Kawistara, 3(2), 117-226.

Pratami, R.H.Y. (2017). Pengembangan Wisata Alam di Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor.

Sadikin, P.N., Mulatsih, S. & Pramudya, B.. (2017). Analisis Willingness To Pay Pada Ekowisata Taman Nasional Gunung Rinjani. Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, 14(1), 31-46.

Setyanto, E., & Pangestuti, E. (2019). Pengaruh Komponen Destinasi Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Universitas Brawaijaya

Sullivan, K., De Silva, L., White, A.T., & Wijeratne, M. (1995). Environmental Guideline for Coastal Tourism Development in Sri Lanka. University of Rhode Island and Coast Conservation Department, Sri Lanka.

Widiyanti, H. (2016). Strategi Tata Kelola Pengembangan Ekowisata di Taman Wisata Alam Kawah Ijen Provinsi Jawa Timur. Sekolah Pascasarjana, Institut pertanian Bogor.

Widowati, S., & Nadra, N.M. (2013). Evaluasi Penerapan Prinsip-Prinsip dan Kriteria Ekowisata di Kawasan Taman Wisata Alam Kawah Ijen Banyuwangi. Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(3), 312-321.

Wijayanto, T. (2017). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lengkapi Infrastruktur Penunjang di Gunung Ijen. kompas.com diakses pada 15 Februari 2018.

Wirajaya, Y. (2013). Analisis Kepuasan Wisatawan Mancanegara Terhadap Kualitas Pelayanan Pariwisata. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 2(3), 95-109.

Wonodipuro. (2018). Mahalnya Menjaga Indonesia. www.antarariau.com diakses pada 15 Februari 2018.

Zen, M.H., Wulandari, D. (2016). Pengembangan Wisata Alam di Taman Wisata Alam Kawah Ijen Studi Kasus Taman Wisata Alam Kawah Ijen. IOSR Jurnal Bisnis dan Manajemen, 18(8), 41-47.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.66157

Article Metrics

Abstract views : 2445 | views : 2312

Refbacks



Copyright (c) 2021 Esa Riandy Cardias; Chafid Fandeli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pariwisata Terapan is published by Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.


free
hit counter View My Stats =======