Berjelajah dalam Sensasi: Wisata Virtual Sebagai Hiburan Praktis Pemuda Urban

https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.94663

Abdul Wahab Hasbullah(1), B.J. Sujibto(2*)

(1) Faculty of Social Sciences and Humanities, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(2) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Pandemi COVID-19 secara masif telah berkontribusi lahirnya beragam inovasi dan perkembangan masif dalam kehidupan sosial masyarakat, terutama akselerasi produk dan pemanfaatan dunia virtual. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah wisata virtual yang dimulai digandrungi oleh anak muda. Wisata virtual digunakan masyarakat urban khususnya anak muda sebagai alternatif baru praktik pariwisata dengan melibatkan teknologi dan media sosial. Artikel ini membahas secara khusus tentang wisata virtual yang secara masif dilakukan oleh anak muda urban di Yogyakarta. Beragam faktor, motivasi dan pengalaman anak muda dalam melakukan wisata virtual menjadi topik yang diinvestigasi dalam artikel ini. Dengan menggunakan metode kualitatif melalui proses observasi dan wawancara mendalam kepada tujuh informan yang mempraktikkan wisata virtual, artikel ini menemukan beberapa hal menarik: (1) wisata virtual menjadi pilihan liburan alternatif yang praktis bagi pemuda urban dan (2) kemajuan dan kemudahan yang ditawakan media sosial sebagai alat wisata virtual, dan (3) ekspresi imajinasi pemuda lebih hidup pada wisata virtual pemandangan alam dan perkotaan. Faktor-faktor pendorong seperti fasilitas teknologi digital secara determinasi bagi praktik wisata virtual yang dapat memberikan kontribusi bagi diskursus digitalisme dan praktik humaniora di digital secara umum.


Keywords


Wisata virtual, Pemuda, Urban, Waktu luang

Full Text:

PDF


References

Aïdi, N. (2022). Tourism and the metaverse: towards a widespread use of virtual travel? The Conversation. https://theconversation.com/tourism-and-the-metaverse-towards-a-widespread-use-of-virtual-travel-188858

Anggara, Y., & Zamroni, G. M. (2021). Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 9(1). https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.19045

Artha, B., Hadi, A. S., & Sari, N. P. (2020). Faktor Penentu Pariwisata Virtual Situs Warisan Dunia di Indonesia: Sebuah Telaah Pustaka dan Kerangka Konseptual. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 14(1), 38–45. https://doi.org/10.47608/jki.v14i12020.38-45

Azca, M. N., & Sutopo, O. R. (2013). Transisi Pemuda Yogyakarta Menuju Dunia Kerja : Previous studies of youth transition are dominated by theories from source of data. Instead of contending that young people is free to make choice. Jurnal Universitas Paramadina, 10(2), 698–719.

Buhalis, D., & Law, R. (2008). Progress in information technology and tourism management: 20 years on and 10 years after the Internet—The state of eTourism research. Tourism Management, 29(4), 609–623. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2008.01.005

Creswell, J. W. (2021). Reserch Desain Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (A. Fawaid & R. K. Pancasari (eds.); Sage Publi). Pustaka Pelajar.

Dairoh, D., Af’idah, D. I., Handayani, S. F., Pratiwi, R. W., Rachman, A., & Saputra, D. C. A. (2023). Pengenalan Dan Pemanfaatan Aplikasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi Wisata. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 12. https://doi.org/10.31764/jmm.v7i1.11734

Dawson, P. C., Porter, C., Gadbois, D., Keith, D., Hughes, C., & Suluk, L. (2019). “Some Account of an Extraordinary Traveller”: Using Virtual Tours to Access Remote Heritage Sites of Inuit Cultural Knowledge. Études Inuit Studies, 42(1–2), 243–268. https://doi.org/10.7202/1064503ar

Gretzel, U., Fuchs, M., Baggio, R., Hoepken, W., Law, R., Neidhardt, J., Pesonen, J., Zanker, M., & Xiang, Z. (2020). e-Tourism beyond COVID-19: a call for transformative research. Information Technology and Tourism, 22(2), 187–203. https://doi.org/10.1007/s40558-020-00181-3

Gunter, B. G., & Moore, H. A. (1975). Youth, Leisure, and Post-Industrial Society: Implications for the Family. The Family Coordinator, 31(2), 386–408.

Hasrin, A., Umaternate, A. R., & Sidik, S. (2020). Kawasan Wisata Kuliner Jalan Roda (Jarod) Sebagai Ruang Ekspresi Waktu Luang (Leisure) Masyarakat Kota Manado. Community: Pengawas Dinamika Sosial, 6(1), 58. https://doi.org/10.35308/jcpds.v6i1.1868

Hilmi, A. M. (2023). HIPERREALITAS WISATA VIRTUAL: IMAJINASI PENDAKIAN GUNUNG DAN KOMODIFIKASI KONTEN ‘ATAP NEGERI’ FIERSA BESARI. Jurnal Komunikasi Dan Media, 4(1), 54–68. https://doi.org/10.24167/jkm.v4i1.11055

ITB, P.-P. (2021a). Executive Summary Kajian Virtual Tourism (B. P. dan Ekonomi (ed.); Kementrian, p. 96). Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

ITB, P.-P. (2021b). Warta Pariwisata (A. N. Khaerani (ed.); Syafira Ay, Vol. 19, Issue 1, p. 26). Institutsi Teknologi Bandung.

Jehalut, F. (2023). Kerangka Konseptual Teori Determinisme Teknologi. Visi Sakti: Jurnal Industri Kreatif Dan Inovatif, 1(1), 37–47.

Kominfo. (2022). Kembangkan Ekosistem Digital Pariwisata, Menteri Johnny: Kominfo Siapkan Infrastruktur dan Pelatihan. Kementrian Komunikasi Dan Informasi. https://www.kominfo.go.id/content/detail/44740/siaran-pers-no-456hmkominfo102022-tentang-kembangkan-ekosistem-digital-pariwisata-menteri-johnny-kominfo-siapkan-infrastruktur-dan-pelatihan/0/siaran_pers

Lindeman, E. C. (1937). Youth and Leisure. The Annal of the American Academy of Political and Social Science, 194, 59–66.

Lindsay, A. (2013). #Virtualtourist: Embracing our audience through public history web experience. Public Historian, 35(1), 67–86. https://doi.org/10.1525/tph.2013.35.1.67

McLean, G., AlYahya, M., Barhorst, J. B., & Osei-Frimpong, K. (2023). Examining the influence of virtual reality tourism on consumers’ subjective wellbeing. Tourism Management Perspectives, 46(May 2022). https://doi.org/10.1016/j.tmp.2023.101088

Modi, I. (2012). Leisure and Social Transformation. Sociological Bulletin, 61(3), 386–403.

Muhammad, R., Mutiarin, D., & Damanik, J. (2021). Virtual Tourism Sebagai Alternatif Wisata Saat Pandemi. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality and Recreation, 4(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jithor.v4i1.31250

Muqsith, M. A. (2022). Determinisme Teknologi dan Ekstensi Manusia. Adalah, 6(1), 76–84. https://doi.org/10.15408/adalah.v6i1.26573

Nasrullah, R. (2022). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia) (K. P. Utama (ed.); Endang Wah). Prenadamedia Group.

Nautiyal, R., & Polus, R. (2022). Virtual tours as a solidarity tourism product? Annals of Tourism Research Empirical Insights, 3(2), 100066. https://doi.org/10.1016/j.annale.2022.100066

Nursapiah. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); Wal ashri). Wal ashri Publishing.

Polishchuk, E., Bujdosó, Z., El Archi, Y., Benbba, B., Zhu, K., & Dávid, L. D. (2023). The Theoretical Background of Virtual Reality and Its Implications for the Tourism Industry. Sustainability (Switzerland), 15(13). https://doi.org/10.3390/su151310534

Ramić-Brkić, B., & Ćosović, M. (2022). Exploring digital tourism application for medieval period reconstruction. CEUR Workshop Proceedings, 3266.

Riesa, R. M., & Haries, A. (2020). Virtual Tourism dalam Literature Review. Jurnal Pariwisata Bunda, 01(1), 1–6.

Robaina-Calderín, L., Martín-Santana, J. D., & Muñoz-Leiva, F. (2023). Immersive experiences as a resource for promoting museum tourism in the Z and millennials generations. Journal of Destination Marketing and Management, 29(March). https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2023.100795

Robert, K. (1983). Youth and Leisure (G. Allen (ed.); Vol. 01). Routledge.

Roberts, J. H., Apostolopoulos, Y., & Ph, D. (n.d.). Population Mobility and Foreword by (S. Sonmez (ed.); Yorghos Ap). Springer Berlin Heidelberg.

Rojek, C. (2009). The Labor of Leisure. SAGE Publications.

Ross, L., Capra, S., Carpenter, L., Hubbell, J., & Walker, K. (2015). Dilemmas in Youth Work and Youth Development Practice. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315730738

Sobarna, A. (2021). Pengaruh Wisata Virtual Reality (VR) terhadap Niat Berperilaku Wisatawan. Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung, 4–5.

Suheryadi, H., Andy Noviadi, FX Setiyo Wibowo, & Fadia Azzahra. (2023). Jakarta Creative Tourism Travel Agent: Virtual Tour During Pandemic Covid-19. International Journal of Travel, Hospitality and Events, 2(3), 277–285. https://doi.org/10.56743/ijothe.v2i3.295

Sujibto, B.J., (2022). Remaja Jompo: Diskursus dan Praktik Gaya Hidup Pandemi. Jurnal Studi Pemuda, 11(1), 14. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.75381

Sujibto, B. J., & Diah, A. R. (2022). Bernegosiasi Dengan Pandemi: Adaptasi Pemuda Terhadap Tatanan Sosial Pandemi. Jurnal Masyarakat Dan Budaya, 24(2), 253–269. https://doi.org/10.55981/jmb.1628

Sustacha, I., Baños-Pino, J. F., & Del Valle, E. (2023). The role of technology in enhancing the tourism experience in smart destinations: A meta-analysis. Journal of Destination Marketing & Management, 30(2), 100817. https://doi.org/10.1016/j.jdmm.2023.100817

Tsabita, A., Febriyanti, F., Komariah, S., Wahyuni, S., Studi, P., Sosiologi, P., Ilmu, F., Sosial, P., Pendidikan, U., & Bandung, K. (2023). Tren Toxic Productivity Sebagai Gejala Terjadinya Burnout Syndrome Terhadap Prestasi Akademik pada Remaja Rentang Usia 18-23 Tahun di Kota Bandung. SOSMANIORA, 2(4), 495–501. https://doi.org/10.55123/sosmaniora.v2i4.2774

Wibawanto, G. R. (2021). Kaum Muda dalam The Social Dilemma: Sebuah Refleksi Kritis tentang Narasi Kerja, Waktu Luang dan Subjektivitas di Era Post-Fordist. Jurnal Studi Pemuda, 10(1), 35. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.66668

Wulandari, Y. F., Caesariano, L., Murtiadi, & Bastian, Y. (2021). Virtual Tour Sebagai Media Komunikasi Digital Dalam Pelayanan Museum Kehutanan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Penyiaran, 01(01), 9–15. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jmp.v1i1.389



DOI: https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.94663

Article Metrics

Abstract views : 0 | views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Studi Pemuda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 


   Jurnal Studi Pemuda (Online ISSN 2527-3639Print ISSN 2252-9020)  is published by the Youth Studies Centre in collaboration with Faculty of Social and Political Science, Universitas Gadjah Mada.  

 

View My Stats