Studi Pembangunan Infrastruktur Pariwisata

https://doi.org/10.22146/kawistara.65838

Sukma Gita Lasdianti Salahudin Saiman(1*)

(1) Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang
(*) Corresponding Author

Abstract


Problem  pariwisata, lingkungan, konteks urbanisasi menjadi isu penting dalam sistem dan infrastruktur tata kelola pariwisata. Salah satu isu pembangunan pariwisata yang muncul berkaitan dengan tata kelola dan perubahan iklim yang dapat berpengaruh pada sektor ekonomi di daerah. Akan tetapi, eksploitasi pariwisata sendiri tidak masuk akal jika dengan konsumsi energi yang besar akan membawa tantangan yang berat di lingkungan perkotaan. Metode yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi literatur. Data diperoleh melalui menganalisis dari data artikel yang telah diterbitkan di scopus dengan aplikasi VOSviewer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pariwisata, lingkungan dan konteks urbanisasi dan mengusulkan strategi untuk meningkatkan tata kelola yang sudah sesuai dengan lingkungan pesisir dan perubahan iklim. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembangunan ekonomi di Indonesia telah diatur oleh konstitusi dan segala potensi yang dimiliki oleh masyarakat, dapat mengakses sumber dana pembangunan untuk kesejahteraan mereka. Tentunya dalam pengembangan pariwisata dibutuhkan pembangunan infrastruktur yang lebih banyak wisatawan untuk datang ke daerah tujuan wisata. Dari pembahasan ini juga mengkaji arah tantangan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir.


Keywords


Pembangunan; Perubahan Iklim; Wisata.

Full Text:

PDF


References

F. Fafurida, F. F. (2020). Sustainable strategy: Karimunjawa national park marine ecotourism, Jepara, Indonesia. International Journal of Scientific and Technology Research, 3234-3239.

F. Zhang, C. C. (2020). Green infrastructure for China’ss new urbanisation: A case study of greenway development in Maanshan. urban studies, 508-524.

Faniyah, I. (2017). Investasi Syariah dalam pembangunan Ekonomi Indonesia . Deepublish, 1.

G.Dunne, E. S. (2020). The wild atlantic way – A tourism journey. Irish Geography, 127-144.

Hjalager, A. (2020). Land-use conflicts in coastal tourism and the quest for governance innovations. Land Use Policy.

howden, S. M. (2007). Adapting agriculture to climate change. proccedings of the national academy of scriences.

I Shevchuk, T. M. (2020). Exogenous model of job satisfaction. Journal of Siberian Federal University - Humanities and Social Sciences, 818-830.

Iyah Faniyah. (2017). Investasi Syariah dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia,. deepublish.

J, R. (2017). Menilai Turis pada Keuntungan Ekonomi melalui Akses Jalan : Studi Kasus di Kota Australia. aturan analisis ekonomi.

Kamran, M. (2020). Role of cultural heritage in promoting the resilience of linear/critical infrastructure system with the enhancement of economic dimension of resilience: a critical review. International Journal of Construction Management.

L. Shayakhmetova, A. M. (2020). State regulation of the tourism industry for attracting international investment. Journal of Environmental Management and Tourism, 1489-1495.

M. Jamaliah, R. P. (2020). Climate change adaptation and implementation barriers: a qualitative exploration of managers of Dana Biosphere Reserve–ecotourism system. Journal of Ecotourism.

M. Kozlowsi, M. P.-P. (2020). Innovativeness of railway transport in the context of the development of tourism in Poland. quality and quantity, 1691-1703.

M. Tesfa Regassa, Z. X. (2020). Assessment of tourism industry in Gondar City, Ethiopia. GeoJournal.

N. Saveleva, T. Y. (2020). Medical tourism association as an instrument of managing health industry competitivity. Systematic Reviews in Pharmacy, 252-258.

O. Adeola, O. E. (2020). ICT, infrastructure, and tourism development in Africa. Tourism Economics, 97-114.

R. Badar, S. B. (2020). Assessing tourism sustainability in hill towns: Case study of Shimla, India. Journal of Mountain Science, 2241-2261.

R. Castanlo, A. B. (2020). Analyzing Transportation Sustainability in the Canary Islands Archipelago. Infrastructures.

R.Castanho, A. V. (2021). Assessing transportation patterns in the azores archipelago. infrastructures, 1-16.

Rolfe, J. (2017). Menilai Turis pada Keuntungan Ekonomi melalui Akses Jalan : Studi Kasus di Kota Aaustralia. aturan analisis ekonomi.

Rosenzweig, C. a. (1994). Potential impact of climate change on world food supply. nature.

S. Krililov, N. S. (2020). Sustainable tourism development in russia: The case of baikal harbour project. European Journal of Sustainable Development, 179-188.

S. Srinonil, V. N. (2020). Tourism governance for coastal urbanization and environment with changing climate on Koh Chang Island, Thailand. GMSARN International Journal, 82-88.

T. Krabokoukis, D. T. (2021). Detecting determinants in tourist seasonality of greece: A binary logistic regression approach. Theoretical and Empirical Researches in Urban Management, 5-19.

T. Nugroho, N. H. (2021). Post-tourism in booming indonesian rural tourism industry. A social representation theory approach. Journal of Environmental Management and Tourism, 288-3.



DOI: https://doi.org/10.22146/kawistara.65838

Article Metrics

Abstract views : 1050 | views : 1497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Lasdianti sukmagita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Kawistara is published by the Graduate School, Universitas Gadjah Mada.