Pengembangan Media Edukasi Berbasis Video Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Penggunaan Multivitamin Untuk SMK Kesehatan di Yogyakarta

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.70966

S. Ch. Ari Widiastuti Sutjipto(1*), Yosef Wijoyo(2), Nunung Priyatni W.(3)

(1) Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
(2) Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Universitas Sanata Dharma
(3) Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker, Universitas Sanata Dharma
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemberian edukasi kesehatan dengan tema perilaku bersih dan sehat (PHBS) serta penggunaan multivitamin dengan baik melalui media video, akan memberikan manfaat yang sangat besar pada proses belajar mengajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) interaksi media edukasi berbasis video yang bertemakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta penggunaan multivitamin, 2) Mengungkapkan media edukasi berbasis video perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan multivitamin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, yang dilakukan dengan pengembangan media berbasis video edukasi. Prosedur pengembangan media pembelajaran dilakukan melalui : 1) Tahap studi pendahuluan antara lain studi literatur dan studi lapangan, 2) Tahap pengembangan dilakukan dengan pembuatan draft desain model atau perancangan yang dibagi menjadi 3 bagian diantaranya a) menyusun materi, b) membuat naskah dan menyiapkan storyboard , c) pengambilan video dan editing video. Selanjutnya penilaian oleh para ahli atau pakar materi, media dan ujicoba terbatas untuk menilai kelaykan media yang dibuat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tersusunnya media edukasi berbasis video dengan tema perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta penggunaan multivitamin berdasarkan berdasarkan penilaian ahli media diperoleh prosentase sebesar 77,50%, ahli materi diperoleh prosentase sebesar 85,50% dan hasil ujicoba terbatas diperoleh prosentase sebesar 81,07%. Media video edukasi PHBS dan multivitamin termasuk kategori sangat layak


Keywords


edukasi;media; multivitamin; PHBS; video

Full Text:

PDF


References

DAFTAR PUSTAKA 1. Karo MB. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Pros Semin Nas Hardiknas. 2020;01(01):1-4. https://doi.org/10.33024/jmm.v4i4.3410 2. Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peratur Menteri Kesehat No 2406 TAHUN 2011 tentang Pedoman Umum Pengguna Antibiot. 2011:4. 3. Presiden RI. Keppres No 12 Th 2O2O Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional. Kepresidenan,RI. 2020;(01). 4. Indrawati W. Membantu Masyarakat Mencegah Wabah Covid-19. ’Adalah Bul Huk Keadilan. 2020;4(1):145-150. 5. Listiyanto T. Pengaruh Pemanfaatan Vidio Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI/IPS di SMA Negeri 1 Bandar Tahun Ajaran 2014/2015. J Chem Inf Model. 2015. https://doi.org/10.33373/his.v1i1.391 6. Anshor S, Sugiyanta IG, Sri RKU. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. J Penelit Geogr. 2015;3(7):1-9. 7. Haryanti dkk. Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) berbasis Video pada Pembelajran 5 untuk kelas II Sekolah Dasar. J Pendidik Jasm. 2019;2:170-178. 8. Muhson A. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. J Pendidik Akunt Indones. 2010;8(2). doi:10.21831/jpai.v8i2.949. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949 9. Revi, Syahwani D. Pengembangan Media Video Tutorial Dalam Pembelajaran Komputer Untuk Ketrampilan Membuat Server Di SMK. 2019;148(1):148-162. 10. Fitriyani H, Rosalia L. Pengembangan Media Video Tutorial untuk Mengenalkan Treatment Mengelola Emosi Marah Pada Peserta Didik Kelas X di SMK Cipta Karya Jakarta. INSIGHT J Bimbing Konseling. 2018;7(2):147-153. doi:10.21009/insight.072.04. https://doi.org/10.21009/INSIGHT.072.04 11. Mawan AR, Indriwati SE, Suhadi. Pengembangan Video Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Dalam Menanggulangi Penyakit Diare. J Pendidik. 2017;2(7):883-888. 12. Ardian Asyhari RD. Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course : Mengembangkan Web-Logs Pembelajaran Fisika Dasar I. J Inov Teknol Pendidik. 2017;4(1):13-25. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.13435 13. Shoumi AZ. Peran Multimedia Dalam Pendidikan Pada Aplikasi Ruang Guru. Pros Semin Nas CENDEKIAWAN. 2019. doi:10.25105/semnas.v0i0.5809. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5809 14. Pramono MS, Paramita A, ~ U Z A K I R O H ’ U, et al. Pengembangan Permainan Multimedia Interaktif Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Siswa Sekolah Dasar. Bul Penelit Kesehat. 2011. 15. Widodo YB, Sopian A, Julfia FT. Penerapan Teknologi Multimedia Untuk Pelatihan Mengajar Efektif Dengan Metode Hypnoteaching Bagi Guru-guru SMK Respati 01. J Pemberdaya Komunitas MH Thamrin. 2020. doi:10.37012/jpkmht.v2i1.136. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.136



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v18i1.70966

Article Metrics

Abstract views : 389 | views : 280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
 
Creative Commons License