TINDAKAN APOTEKER PADA RESEP OBAT PASIEN JKN RAWAT JALAN DI RSUD dr KANUJOSO DJATIWIBOWO BALIKPAPAN
Mokhamad Haryadi Saputro(1), Dwi Endarti(2), Anna Wahyuni Widayanti, MPH., Apt., Ph.D.(3*)
(1) 1) Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Department of Pharmaceutics, Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada
(3) Department of Pharmaceutics, Faculty of Pharmacy, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Menkes RI. Surat Edaran Nomor: HK/MENKES/32/I/2014 Tentang Pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta BPJS Kesehatan Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan Dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan.; 2014.
Nurmiwiyati N, Oktrivina DS A, Aritonang M, Kosasih K. Pengaruh Ketersediaan Obat dan Kualitas Pelayanan Farmasi terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pasien Rawat Jalan (Studi pada Rumah Sakit Ibu dan Anak PKU Muhammadiyah Cipondoh, Tangerang). J Surya Medika. 2020;6(1):32-38. doi:10.33084/jsm.v6i1.1474
Gunawan CA, Pribadi F, Risdiana I. Analisis Efisiensi Biaya Obat Setelah Dilakukan Telaah Resep Dan Intervensi Apoteker Dalam Pelayanan Farmasi Pasien JKN Rawat Jalan di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Published online 2017:10.
Menkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016 Tentang : Standar Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit.; 2016.
Evita F. Ketidakpatuhan Pengkajian Resep pada Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit X Jakarta. Published online 2019.
Puspita MM, Ulfa AM. Waktu Tunggu Pelayanan Resep BPJS Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi RSIA Anugrah Medical Centre Metro. 2018;1(2).
Arikunto S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Rev. VI, Cet. 14. Rineka Cipta; 2011.
Patanduk DW, Maidin HMA, Arifah N. Gambaran Pelayanan Kefarmasian Dan Penggunaan Obat Berdasarkan Pedoman SNARS Edis 1.1 DI RS Elim Rantepao: Description of Pharmaceutical Services and Drug Use Based on the SNARS Guidelines Edition 1.1 at Elim Rantepao Hospital. HJPH. 2021;2(2):185-199. doi:10.30597/hjph.v2i2.24534
Idris F. BPJS Kesehatan Perkuat Komitmen Perbaikan Layanan. 82nd ed. Media BPJS Kesehatan; 2020.
Amalia T, Nisa NS. Kesesuaian Peresepan Obat Pasien Kronis BPJS Rawat Jalan Poliklinik Penyakit Dalam Terhadap Formularium Rumah Sakit Dengan Formularium Nasional Di Rumah Sakit X. 2020;1(2).
Yuniarti E, Handayani TM. Analisi Biaya Terapi Penyakit Diabetes Melitus Pasien Jaminan Kesehatan Nasioanl DI RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta - Perbandingan Terhadap Tarif INA CBG’s. Published online 2015.
Astuti NK, Kundarto W. Analisis Kepuasan Pasien BPJS Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi Rumah Sakit UNS. J Pharm Sci Clin Res. 2018;3(2):84. doi:10.20961/jpscr.v3i2.22162
Bastaman K, Pathony T. Kualitas Pelayanan Obat BPJS di Apotek Rawat Jalan RSUD Kelas B Kabupaten Subang. wbaj. Published online December 6, 2020. doi:10.37950/wbaj.v2i2.940
DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i2.85940
Article Metrics
Abstract views : 586 | views : 1968Refbacks
- There are currently no refbacks.