Bauran Pemasaran Obat Over The Counter Untuk Meningkatkan Efektivitas Strategi Penjualan di Perusahaan: Literatur Interview
https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.93219
Desy Silvia
(1*), Satibi Satibi
(2), Suci Paramita Syahlani
(3)
(1) Magister Manajemen Farmasi, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Departmen Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Department Farmasetika, Fakultas Pertenakan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Industri Farmasi merupakan perusahaan yang memiliki peluang tumbuh besar dalam mengembangkan obat dan mengalami persaingan yang kompetitif antar perusahaan. Persaingan obat OTC berangekaragam yang dihadapi setiap perusahaan. Sehingga, perusahaan dapat menggunakan bauran pemasaran dengan elemen 4P (produk, tempat, harga dan promosi) yang dapat meningkatkan efektivitas penjualan. Artikel ini bertujuan untuk melakukan tinjauan terhadap strategi bauran pemasaran untuk meningkatkan efektivitas penjualan obat OTC di perusahaan farmasi di berbagai daerah yang diteliti sejak tahun 2018-2022. Pencarian artikel yang dilakukan menggunakan database Garuda dan Google Scholar dengan kata kunci “bauran pemasaran obat OTC” dan “efektivitas penjualan” dengan pendekatan kualitatif. Didapatkan delapan artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Delapan artikel yang direview, meliputi penelitian di berbagai daerah seperti Cikarang, Bandung, Semarang dan Jakarta. Strategi bauran pemasaran yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan yaitu menggunakan strategi promosi. Aktivitas promosi yang dilakukan perusahaan yaitu mulai dari pengiklanan melalui sosial media dan browsur atau pamflet, serta pemberian potongan harga. Strategi promosi yang dilakukan perusahaan memberikan pengaruh paling besar untuk meningkatkan efektivitas obat OTC karena strategi tersebut menjadi peluang dan mempermudah pelanggan untuk mengetahui obat yang dijual oleh perusahaan
Keywords
Bauran Pemasaran Obat OTC: Efektivias Penjualan
References
Rifki M, Mazaya M. The Relationship of The Marketing Mix to Customer Loyalty in DetailBOX Autodetailing Center. PROPAGANDA. 2022;2(1):110-120. doi:10.37010/prop.v2i1.586
Setyaningsih F. ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP
PENINGKATAN PELANGGAN PADA LEMBAGA RAFI BIMBEL TANGERANG.
JMB J Manaj Dan Bisnis. 2021;10(1). doi:10.31000/jmb.v10i1.4233
Ahmad RS, Harnani N, Setiadiiwiba L. Peningkatan Volume Penjualan Pada
UMKM Industri Kreatif Makanan, Minuman Melalui E-Commerce di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Sosial. 2020;22 (2):172-180. doi:10.24198/sosiohumaniora.v22i2.24537
DOI:
https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v20i3.93219
Article Metrics
Abstract views : 519
|
views : 461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Majalah Farmaseutik Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.