Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan sebagai Solusi untuk Mengurangi Emisi Karbon

https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70354

Cakrawati Sudjoko(1*)

(1) Program studi Ketahanan Energi, Universitas Pertahanan, Sentul
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan kendaraan di Indonesia saat ini semakin meningkat, baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Dalam mendukung ketahanan energi dalam sektor transportasi saat ini pemerintah mendukung perkembangan kendaraan listrik guna mendukung tercapainya energi yang bersih dan ramah lingkungan. Saat ini Kendaraan listrik dijadikan solusi alternatif yang sedang dikembangkan dalam mendukung energi yang lebih bersih dan ramah lingkungan dan mengurangi polusi dan emisi gas buang akibat penggunaan bahan bakar minyak pada kendaraan bermotor. Saat ini kendaraan listrik semakin banyak dikembangkan. Kendaraan listrik menjadi salah satu solusi dalam mengantisipasi dampak krisis energi. Dengan menggunakan mobil listrik tentunya juga akan mampu menciptakan teknologi yang ramah lingkungan karena polusi udara akan berkurang. Mendukung kebijakan paris agreements dan mengurangi emisi karbon di sektor transportasi, industri baterai dan mobil listrik di Indonesia sedang melakukan tahap percepatan dalam perkembangannya. Penulis mencoba membahas mengenai strategi yang berkaitan dengan rantai pasokan Mobil listrik dan analisis menggunakan penerapan Plan-Do-Check-Act (PDCA) terkait pengurangan emisi karbon melalui penggunaan mobil listrik. Salah satunya adalah analisis mengenai kebijakan pemerintah terhadap mobil listrik. Penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan kendaraan listrik dapat mengurangi emisi karbon dan menjadi solusi yang ramah lingkungan dalam penggunaan energi di sektor transportasi.

Kata Kunci: Baterai; Emisi Karbon; Kendaraan Listrik; Strategi




References

Aksi Ekologi & Emansipasi Rakyat. (2020). Rangkaian Pasok Nikel Baterai dari Indonesia dan Persoalan Sosial Ekologi. Diakses dari http://aeer.info/.

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi. (2021). Outlook Energi Indonesia 2021: Perspektif Teknologi Energi Indonesia: Tenaga Surya untuk Penyediaan Energi Charging Station. Tangerang: Pusat Pengkajian Industri Proses dan Energi (PPIPE).

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. (2011). Pedoman Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca. Jakarta: Buku Referensi Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional.

Dewita, A. (2021). Faktor–faktor yang Mempengaruhi Tingkat Emisi CO2 di Indonesia Periode 1971-2018. Skripsi Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Enerdata. (2019). Electricity Final Consumption. Diakses dari https://eneroutlook.enerdata.net/.

Hossain, S. (2012). An Econometric Analysis for CO2 Emissions, Energy Consumption, Economic Growth, Foreign Trade and Urbanization of Japan. Low Carbon Economy, 3(3), 92–105.

Indah., Rumiasih., Carlos., Firmansyah. (2019). Analysis of Determining Battery Capacity and Charging in Electric Cars. Elektra Journal, 4 (2), 29 – 37.

Institute for Essential Services Reform. (2018). The Future of Transport, Welcoming the Era of Electric Vehicles. Diakses dari www.iesr.or.id.

Institute for Essential Services Reform. (2020). Dekarbonasi Sektor Transportasi, Peluang dan Tantangan. Diakses dari www.iesr.or.id.

Intergovernmental Panel on Climate Change. (2007). Climate Change 2007, Synthesis Report. ISBN 92-9169-122-4. Diakses dari https://www.ipcc.ch/report/ar4/syr/.

International Energy Agency. (2015). CO2 Emissions from Fuel Combustion Highlighs. Paris: International Energy Agency. Diakses dari https://www.iea.org/.

International Energy Agency. (2019). Global EV Outlook 2019. “China's CATL starts mass production of high-nickel batteries: chairman”. Diakses dari https://www.iea.org/.

International Energy Agency. (2021). Global EV Outlook 2021. “Accelerating ambitions despite the pandemic”. Terbit April 2021. Diakses dari https://www.iea.org/.

Julio A. Sanguesa dkk. (2021). A Review on Electric Vehicles: Technologies and Challenges. Smart Cities 2021, 4, 372–404.

Kartini., Sudaryanto., Honggowiranto. (2018). Indonesian consortium of lithium ion battery for solar street lamp. IOP Publishing. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering, 432, 012063.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. (2021). Kebijakan dan Program Pengembangan Battery, Electric Vehicle, dan PLTS Atap di Indonesia. Webinar EBTKE. Jakarta. Mei 2021.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman & Investasi. (2020). Strategi Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai / KBLBB (BEV). Webinar B2TKE-BPPT. Jakarta. Desember 2020.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2019). Statistik Tahun 2018 Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim. http://ditjenppi.menlhk.go.id.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. (2020). Rencana Strategis Tahun 2020-2024. Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. Diakses pada https://www.menlhk.go.id/.

Kristina, E. (2020). Inventing The Sustainable Batteries of The Future, Research Needs and Future Actions. Baterry 2030+Roadmap. Research and Innovation Programme, The European Union’s Horizon.

Mambak & Bambang. (2017). Forecasting Lead Acid Battery Capacity in Electric Cars Based on Levenberg Marquardt Neural Network. Scientific Technology 2017 scale, 2: 112-117.

Matarru. (2020). Analysis of Fast Charging System Development for Electric Vehicle Implementation. Journal of Defense University. June 2020.

Naomi J. Boxalla, dkk. (2018). Urban mining of lithium-ion batteries in Australia: Current state and future trends. Minerals Engineering Vol. 128, 45-55

Nyoman., Sukerayasa. (2009). Overview of the Development of the World's Electric Vehicles Until Now. Journal of Electrical Technology. 8 (1).

Peraturan Presiden No. 55 tahun 2019. (2019). Tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Prasetyo. (2020). State of charge estimation of lithium polymer battery using back propagation neural network. Integration Journal, 12 (2), 144-149

Tulus Victor. (2020). A study of the development of electric vehicles in Indonesia: prospects and constraints. Journal of Paradigm Economics, 15 (1)



DOI: https://doi.org/10.22146/jpmmpi.v2i2.70354

Article Metrics

Abstract views : 69459 | views : 59295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


_______________________________________________________________________

Jurnal ini diterbitkan oleh:

Bidang Jurnal Paradigma Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP UGM) Universitas Gadjah Mada

69PF+FWC, Pogung Kidul, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia

Dengan dukungan dari:

Direktorat Kemahasiswaan Universitas Gadjah Mada
Gedung Pusat UGM, Lantai 1 Sayap Utara, Bulaksumur, Yogyakarta, Indonesia