Analisis Perubahan Perilaku Ekonomi Masyarakat Sebagai Dampak Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat (Studi kasus penggerak wisata desa wisata pesisir Pagar Jaya Kabupaten Pesawaran)

https://doi.org/10.22146/jnp.52569

Yudha Rahman(1*), Adnin Musadri Asbi(2), Husna Tiara Putri(3)

(1) Institut Teknologi Sumatera
(2) Institut Teknologi Sumatera
(3) Institut Teknologi Sumatera
(*) Corresponding Author

Abstract


Kabupaten Pesawaran dalam beberapa tahun ini telah berkembang menjadi salah satu wilayah yang memiliki karakteristik wisata bahari dan wisata pantai berbasis kearifan lokal di Provinsi Lampung. Masyarakat Desa Pagar Jaya selama ini hanya mencari sumber penghasilan dari kegiatan pertanian dan perikanan sebagai nelayan dengan penghasilan yang rendah. Pengembangan pariwisata berbasis masyarakat yang ada di Desa Pagar Jaya dapat menjadi potensi sumber penghasilan tambahan bagi masyarakat local dikemudian hari.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui perubahan perilaku ekonomi masyarakat sebagai dampak pengembangan pariwisata berbasis masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil analisis menunjukkan perubahan perilaku ekonomi masyarakat di Desa Pagar Jaya sebagai dampak pengembangan pariwisata berbasis masyarakat berupa pendapatan ekonomi yang cukup meningkat, walaupun peningkatan yang terjadi tidak terlalu signifikan. Masalah yang terjadi dalam upaya pengembangan pariwisata di Desa Pager Jaya adalah belum maksimalnya peran stakeholder yang terlibat. Namun terdapat pengaruh positif terhadap pemberdayaan dan pengembangan ekonomi lokal berupa inisiatif untuk menggerakkan masyarakat Desa Pagar Jaya dalam pengembangan wisata

Keywords


Pariwisata Berbasis Masyarakat; Pengembangan Ekonomi Lokal; Desa Wisata

Full Text:

PDF


References

Creswell, J. W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Ed(3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Creswell, J.W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih Di Antara Lima Pendekatan Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan Pariwisata Pedesaan Berbasis Masyarakat (Sebuah Pendekatan Konsep). Graha Ilmu: Yogyakarta.

Nuryanti, W. (1992). Pariwisata dalam Masyarakat Tradisional, makalah pada program Pelatihan Perencanaan Pengembangan Pariwisata, Jakarta.

Pedrana, M. (2013). Local Economic Development Policies and Tourism. An Approach to Sustainability and Culture. Regional Science Inquiry Journal 5(1) 2013. European University of Rome.

Sari, S. R. (2003). Peran Pariwisata Dalam Pembangunan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Membangun Rakyat. Kajian Strategis Pembangunan Sosial dan Pekerja Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Theerapappisit, P. (2012). The Bottom-Up Approach of Community-Based Ethnic Tourism: A Case Study in Chiang Rai. School of Social Sciences and Psychology, University of Western Sydney Australia. Intech Journal Strategies for Tourism Industry - Micro and Macro Perspectives. Ed April.

Undang-Undang No 10 Tahun 2009 Tentang Pariwisata.

Wardiyanta. (2006). Metode Penelitian Pariwisata. Yogyakata: Andi Yogyakarta.



DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.52569

Article Metrics

Abstract views : 973 | views : 308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok J-3, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138; (0274) 583595; Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id