Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Loyalitas Wisatawan Pengguna Perahu Motor Kayu ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta

https://doi.org/10.22146/jnp.54012

Annisa Retno Utami(1*), Farida Farida(2)

(1) Universitas Sahid Jakarta
(2) Universitas Sahid Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perahu motor kayu merupakan satu-satunya transportasi yang digunakan untuk mengangkut wisatawan ke tempat objek wisata di Kepulauan Seribu Jakarta yang semestinya harus sesuai dengan standar operasional yang berlaku agar terjaminnya keamanan dan keselamatan penumpang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kualitas pelayanan perahu motor kayu, (2) Mengetahui kepuasan wistawan dalam menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa dan (3) Mengetahui loyalitas wisatawan yang menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa Kepulauan Seribu Jakarta. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 100 wisatawan yang telah menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa minimal telah melakukan perjalanan sebanyak 2 kali. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini dengan analisis deskriptif yang tujuannya untuk memperoleh gambaran dan mendeskripsikan kualitas pelayanan, kepuasan wisatawan dan loyalitas wisatawan yang menggunakan perahu motor kayu ke Pulau Untung Jawa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh skor tertinggi pada variabel kualitas pelayanan perahu motor kayu pada indikator kecepatan petugas perahu motor kayu dalam memberikan pelayanan dan kesigapan petugas perahu motor kayu dalam membantu wisatawan sedangkan untuk hasil skor terendah pada terjaminnya keamanan dan kenyamanan selama berada di atas perahu motor kayu, sedangkan untuk variabel kepuasan wistawan dalam menggunakan perahu motor kayu hasil tertinggi kepuasan yaitu pada kesigapan petugas motor kayu dalam membantu wisatawan sedangkan kepuasan terendah pada terjaminnya kemanan & kenyamanan selama berada di atas perahu motor kayu, dan untuk varibel loyalitas wisatawan yang menggunakan perahu motor kayu hasil tertinggi pada indikator kesediaan wisatawan dalam menggunakan perahu motor kayu kembali dan untuk hasil terendah pada kesediaan wisatawan untuk menggunakan kembali walau ada perahu motor kayu yang lain. Hasil Penelitian ini dapat memberikan kontribusi kepada perbaikan layanan dan kualitas perahu motor kayu kepada Pemerintah objek wisata di Kepulauan Seribu khususnya Pulau Untung Jawa dan Pengelola Perahu Motor Kayu.

Keywords


Kualitas Pelayanan; Loyalitas Wisatawan; Perahu Motor Kayu; Kepulauan Seribu

Full Text:

PDF


References

Griffin, J. (2015). Customer Loyalty. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Kevin Lane Keller. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1, edisi Ketiga Belas, Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga. Jakarta.

Lovelock, C.H., Wirtz, dan Jayanta Chatterjee. (2007). Service Marketing: People Technology, Strategy. Sixth Edition. USA: Prentice Hall.

Paliliati, A. (2007). Analisa Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan terhadap loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan di Sulawesi Selatan.

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 9(1), 73-81, Maret.

Sulistiyani, E. (2010). Membangun Loyalitas Wisatawan Melalui Peningkatan Kualitas Obyek Wisata, Promosi dan Kepuasan Wisatawan di Kawasan Wisata Tawangmangu Karanganyar. Jurnal Pengembangan Humaniora. 10(3), Desember.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2007). Manajemen Kualitas Jasa, Yogyakarta. ANDI.



DOI: https://doi.org/10.22146/jnp.54012

Article Metrics

Abstract views : 451 | views : 176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Nasional Pariwisata

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


 

PUSAT STUDI PARWISATA – Universitas Gadjah Mada, 

Bulaksumur Blok J-3, Caturtunggal, Depok, Sleman YOGYAKARTA, 55281

Telp. (0274) 564138; (0274) 583595; Faks. (0274) 564138

Email: pusparjnp@ugm.ac.id