Kajian Etnografi Komunikasi pada Bentuk Sapaan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI)

  • Rangga Hafidin Universitas Gadjah Mada
Keywords: HMI, sapaan, etnografi komunikasi

Abstract

Setiap kelompok sosial memiliki ciri-ciri tersendiri berupa sistem yang berlaku, mulai bahasa hingga bentuk sapaan. Himpunan Mahasiswa Islam sebagai salah satu kelompok sosial yang berbentuk organisasi mahasiswa juga memiliki beragam bentuk sapaannya tersendiri. Bentuk sapaan yang ada di HMI merupakan bentuk yang arbiter dan sebagian besar tidak dilegalisasikan oleh konstitusi yang berlaku di dalam organisasi. Peneliti melihat, mendengar dan merasakan bahwa bentuk-bentuk sapaan yang ada di HMI tidak hanya memiliki makna sapaan biasa, melainkan memiliki maksud lebih dari sapaan tersebut sesuai tujuan dan konteks yang disampaikan oleh penuturnya. Tujuan penelitian ini untuk mengklasifikasikan dan mendeskripsikan masing-masing bentuk sapaan yang lumrah terdengar di antara para kader HMI. Peneliti menjadikan pandangan Gumperz dan Hymes sebagai pijakan analisis yang mengatakan bahwa etnografi komunikasi merupakan metode atau teori yang memandang pola-pola komunikatif sebagai bagian dari perilaku dan pengetahuan kultural. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode cakap teknik cakap semuka dengan teknik lanjutannya metode reflektif-introspektif untuk mengumpulkan data. Dari penelitian yang peneliti lakukan ini peneliti mengklasifikasikan sapaan yang ada di HMI menjadi tujuh jenis sapaan yaitu Sapaan Formal, Sapaan Menggula Formal, Sapaan Mendaifkan, Sapaan Menggula Mendaifkan, Sapaan Keakraban, Sapaan Menggula Keakraban, dan Sapaan Mendaifkan Keakraban.

References

Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian. Universitas Muhammadiyah Malang.

Hymes, D. H. (1996). Ethnography, linguistics, narrative inequality: Toward an understanding of voice. Taylor & Francis.

Kuswarno, E. (2008). Etnografi Komunikasi: Suatu Pengantar Dan Contoh Penelitiannya. Widya Padjadjaran.

Mahsun, M. S. (2005). Metode penelitian bahasa: Tahapan strategi, metode dan tekniknya. PT RajaGrafindo Persada.

Sitompul, A. (2008). Sejarah perjuangan Himpunan Mahasiswa Islam (1947-1975) (2 ed.). Misaka Galiza.

Titscher, S., & Ibrahim, A. S. (2009). Metode analisis teks & wacana. Pustaka Pelajar.

Published
2022-10-31
How to Cite
Hafidin, R. (2022). Kajian Etnografi Komunikasi pada Bentuk Sapaan Kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Deskripsi Bahasa, 5(2), 111-120. https://doi.org/10.22146/db.v5i2.5753