Literasi Digital melalui Pelatihan Pembuatan Video di TBM Teras Mburi
Abstrak
Handphone memiliki manfaat bagi anak-anak usia Sekolah Dasar namun jika penggunaannya berlebihan akan beresiko diantarannya mempengaruhi perkembangan emosi anak dan membuat anak sulit bersosialisasi. Berdasarkan fenomena di atas, Taman Bacaan Masyarakat Teras Mburi membuat pelatihan pembuatan video bagi anak usia SD di lingkungan sekitarnya. Tujuannya supaya anak usia Sekolah Dasar memiliki tambahan pengetahuan bahwa HP tidak hanya dapat digunakan untuk bermain games dan media sosial, namun dapat digunakan untuk menghasilkan karya dengan cara fun. Pendekatan yang digunakan dalam best practice ini adalah deskriptif kualitatif yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi terkait fenomena maraknya anak usia SD yang kecanduan menggunakan HP. Adapun tahapannya terdiri dari pra produksi, produksi, dan paska produksi. Hasilnya bahwa pelatihan ini dapat menjadi bekal pengetahuan, motivasi, dan pendorong bagi anak-anak usia SD di sekitar Taman Bacaan Masyarakat Teras Mburi lebih produktif dan berkegiatan positif. Adapun dampak dari kegiatan ini, pertama terjadinya perubahan pola perilaku peserta dalam penggunakan HP yang semula konsumen pasif menjadi produsen aktif. Kedua, menambahnya wawasan anak-anak dalam proses kreativitas pembuatan sebuah video. Ketiga, memudarnya kekhawatiran terkait penggunaan HP secara berlebihan yang berdampak terhadap kesulitan bersosialisasi, mengingat dalam proses pembuatan video membutuhkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dengan teman yang lain
Copyright (c) 2024 Ana Pujiastuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal applies the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, with the copyright on the published articles retained by the respective authors without restrictions. It means that the authors may distribute the articles in their personal and institutional repositories while providing bibliographic details that credit this journal. This journal is granted a non-exclusive license to publish the articles as the original publisher, along with the commercial right to publish printed issues for sale publicly.
By publishing with this journal, authors grant any third party the lawful right to use their published article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.
Subsequently, people are permitted to share, distribute, remix, adapt, and build upon the published articles, even for commercial purposes, so long as they provide appropriate credit or attribution (Title, Author, Source, and License of the work), include a link to the license, indicate if any changes were made, and redistribute the derivative outputs under the same license (CC BY-SA 4.0).