Literasi Digital melalui Pelatihan Pembuatan Video di TBM Teras Mburi

  • Ana Pujiastuti Peprustakaan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Abstrak

Handphone memiliki manfaat bagi anak-anak usia Sekolah Dasar namun jika penggunaannya berlebihan akan  beresiko diantarannya mempengaruhi perkembangan emosi anak dan membuat anak sulit bersosialisasi. Berdasarkan fenomena di atas, Taman Bacaan Masyarakat Teras Mburi membuat pelatihan pembuatan video  bagi anak usia SD di lingkungan sekitarnya. Tujuannya supaya anak usia Sekolah Dasar memiliki tambahan pengetahuan bahwa HP tidak hanya dapat digunakan untuk bermain games dan media sosial, namun dapat digunakan untuk menghasilkan karya dengan cara fun. Pendekatan yang digunakan dalam best practice ini adalah deskriptif kualitatif yang menceritakan pengalaman terbaik dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi terkait fenomena maraknya anak usia SD yang kecanduan menggunakan HP. Adapun tahapannya terdiri dari pra produksi, produksi, dan paska produksi. Hasilnya bahwa pelatihan ini dapat menjadi bekal pengetahuan,    motivasi, dan pendorong bagi anak-anak usia SD di sekitar Taman Bacaan Masyarakat Teras Mburi lebih produktif  dan berkegiatan positif. Adapun dampak dari kegiatan ini, pertama terjadinya perubahan pola perilaku peserta dalam penggunakan HP yang semula konsumen pasif menjadi produsen aktif. Kedua, menambahnya wawasan anak-anak dalam proses kreativitas pembuatan sebuah video. Ketiga, memudarnya kekhawatiran terkait penggunaan HP secara berlebihan yang berdampak  terhadap kesulitan bersosialisasi, mengingat dalam proses pembuatan video membutuhkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama dengan teman yang lain

 

Diterbitkan
2024-02-15
Bagaimana cara mengutip
Pujiastuti, A. (2024). Literasi Digital melalui Pelatihan Pembuatan Video di TBM Teras Mburi . Media Informasi, 33(1), 1-10. https://doi.org/10.22146/mi.v33i1.11579
Bagian
Articles