Media Pembelajaran Sejarah Melalui Video Animasi pada Layanan Audio Visual Perpustakaan Umum
Abstract
Pelajaran sejarah merupakan mata pelajaran yang sangat penting yang dapat membentuk watak dan peradaban bangsa yang mermartabat serta membentuk manusia Indonesia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Video animasi bertujuan agar pelajar lebih cepat dan mudah memahami informasi yang terkandung pada video animasi tersebut. Metode pembelajaran sangat menarik dan tidak membosankan sehingga memberikan motivasi belajar kepada para pelajar. Media pembelajaran sejarah dimanjakan dengan visualisasi animasi yang sangat menarik dan menyenangkan yang dapat menimbulkan sensasi, perasaan, emosional ketika menontonnya. Video animasi sejarah diputar pada layanan audio visual perpustakaan umum ketika ada kegiataan kunjungan perpustakaan dari sekolah-sekolah. Media pembelajaran sejarah melalui video animasi adalah cara yang efektif untuk memberikan pengetahuan kepada pelajar tentang pentingnya memahami sejarah Indonesia. Video animasi membantu menyampaikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Dengan visual yang mendukung, pelajar dapat lebih mudah menangkap pesan penting yang disampaikan. Selain itu, penggunaan video animasi dapat membentuk persepsi yang lebih baik tentang informasi yang dipelajari, sehingga pelajar lebih terlibat dan memahami materi sejarah dengan lebih mendalam.
Copyright (c) 2024 Vivi Aprillia Susianti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal applies the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License, with the copyright on the published articles retained by the respective authors without restrictions. It means that the authors may distribute the articles in their personal and institutional repositories while providing bibliographic details that credit this journal. This journal is granted a non-exclusive license to publish the articles as the original publisher, along with the commercial right to publish printed issues for sale publicly.
By publishing with this journal, authors grant any third party the lawful right to use their published article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.
Subsequently, people are permitted to share, distribute, remix, adapt, and build upon the published articles, even for commercial purposes, so long as they provide appropriate credit or attribution (Title, Author, Source, and License of the work), include a link to the license, indicate if any changes were made, and redistribute the derivative outputs under the same license (CC BY-SA 4.0).
