Analisis Kualitatif Peran Kelompok UMKM dalam Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing Usaha di Sektor Ekonomi Lokal

  • Jendra Satria Pitoyo Departemen Geografi Lingkungan, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
  • Sudaryatno Departemen Sains Informasi Geografi, Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia
Kata Kunci: Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, Desa Pedaleman, Snowball sampling, Focus group discussion

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan badan usaha perorangan atau pelaku usaha yang melakukan aktivitas ekonomi. Penelitian dilakukan di Desa Pedaleman, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang. Kawasan tersebut secara geografis merupakan daerah pesisir dan memiliki sektor unggulan berupa tambak ikan. Tujuan penelitian ini adalah menumbuhkan sinergisme antarpelaku usaha di Desa Pedaleman yang belum termobilisasi dengan baik sehingga diperlukan pembentukan kelompok UMKM untuk mengatasi hal tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan Focus Group Discussion (FGD) dan teknik snowball sampling dikarenakan para pelaku usaha tidak terdaftar secara lengkap dan sulit untuk dijangkau. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kinerja dan daya saing usaha di sektor lokal harus dikembangkan melalui skala wilayah terkecil, yaitu melalui pembentukan Kelompok UMKM Pedaleman. Kelompok tersebut menjadi sarana penghubung antara pemerintah daerah dengan desa, khususnya pada sektor perekonomian lokal. Permasalahan yang timbul, seperti modal, strategi pemasaran, kemasan, dan informasi dapatterselesaikan dengan dibentuknya kelompok tersebut. Melalui kelompok tersebut, didapatkan manfaat seperti terjalinnya komunikasi antara kelompok UMKM tingkat desa dengan pemerintah daerah, yaitu Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Serang. Penelitian ini dilakukan agar dapat menjadi langkah awal perkembangan usaha di Desa Pedalemansehingga dapat berkontribusi pada pemasukan daerah Kabupaten Serang dan dapat menjadi sarana pengembangan kualitas pelaku usaha yang diwujudkan melalui pelatihan setiap pekan dan partisipasi pada kegiatan skala daerah sebagai eksekusi ilmu dari diadakannya pelatihan.

Referensi

Aghdaie, S. F. A., & Honari, R. (2014). Investigating the role of brand in forming the consumer involvement. International Review of Management and Business Research, 3(1), 254-266. https://www.irmbrjournal.com/papers/1389639036.pdf

Akkucuk, U., & Esmaeili, J. (2016). The impact of brands on consumer buying behavior. International Journal of Research in Business and Social Science, 5(4), 1–16. https://doi.org/10.20525/ijrbs.v5i4.551

Azis, A., & Rusland, A. H. (2009). Peranan Bank Indonesia di dalam mendukung pengembangan, usaha mikro, kecil, dan menengah. Seri Kebanksentralan (Issue 21). Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan Bank Indonesia. http://lib.ibs.ac.id/materi/BI%20Corner/Terbitan%20BI/Seri%20Kebanksentralan/21.%20Peranan%20BI%20dalam%20mendukung%20pengembangan%20usaha%20mikro%20kecil%20dan%20menengah.pdf

Jayani, D. H. (2021). UMKM Indonesia bertambah 1,98% pada 2019. www.databoks.katadata.co.id. https://databo

ks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/12/umkm-indonesia-bertambah-198-pada-2019

Koperasi Kulon Progo. (2019). Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah menurut UU No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. www.koperasi.kulonprogokab.go.id. https://koperasi.kulonprogokab.go.id/detil/113/kriteriausaha-mikro-kecil-dan-menengah-menurut-uu-no-20-tahun-2008-tentang-umkm

OECD. (2021). OECD SME and entrepreneurship outlook 2021 country profiles. https://www.oecd.org/industry/smes/SME-Outlook-2021-Country-profiles.pdf

Permana, S. H. (2017). Strategi peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi, 8(1), 93–103. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/1257/pdf

Sedyastuti, K. (2018). Analisis pemberdayaan UMKM dan peningkatan daya saing dalam kancah pasar global. Inobis, 2(1), 117–127. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v2i1.65

Surya, R. A. S., Afifah, U., Khoiriyah, M., & Oktari, V. (2022). Impact of entrepreneurship orientation, innovation, market orientation and total quality management on SME performance. International Journal of Organizational Behavior and Policy, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.9744/ijobp.1.1.47-52

Diterbitkan
2023-05-31
Bagaimana cara mengutip
Jendra Satria Pitoyo, & Sudaryatno. (2023). Analisis Kualitatif Peran Kelompok UMKM dalam Meningkatkan Kinerja dan Daya Saing Usaha di Sektor Ekonomi Lokal. Jurnal Pengabdian, Riset, Kreativitas, Inovasi, Dan Teknologi Tepat Guna, 1(1), 17-22. https://doi.org/10.22146/parikesit.v1i1.7976
Bagian
Articles