PENGARUH PENGGUNAAN DAGING BUAH PALA DALAM PAKAN (Myristica frangrans Houtt) TERHADAP KINERJA AYAM BROILER PADA KEPADATAN KANDANG YANG BERBEDA

https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v36i1.1270

Sri Utami(1*), Zuprizal (Zuprizal)(2), Supadmo (Supadmo)(3)

(1) 
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh level penggunaan tepung daging buah pala dalam pakan terhadap kinerja ayam broiler pada tingkat kepadatan kandang yang berbeda. Seratus delapan puluh (180) ekor ayam broiler strain Lohman jenis kelamin jantan secara acak dibagi menjadi 36 kelompok yang mendapatkan pakan sesuai dengan periode pemeliharaan ayam broiler dan air minum diberikan secara ad libitum. Perlakuan terdiri dari sembilan kombinasi yaitu percobaan luas lantai 0,10; 0,08; 0,06 m2/ekor dan level daging buah pala adalah 0, 1, dan 2% dengan empat kelompok sebagai ulangan masing-masing terdiri dari lima ekor. Percobaan biologis dilakukan selama 5 minggu. Sebelum dilakukan pemotongan diambil sampel darahnya untuk selanjutnya dilakukan analisis laboratorium kadar leukosit darah. Kadar glikogen sesaat setelah pemotongan, kadar asam laktat dan derajat keasaman daging paha dilakukan enam jam setelah pemotongan. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis variansi Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial 3 x 3, apabila berbeda nyata dilakukan uji banding dengan uji Duncan’s New Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan level aditif tepung daging buah pala pada luas kandang yang berbeda berpengaruh nyata (P<0,05) terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan, konversi pakan, jumlah leukosit, glikogen daging dan asam laktat daging. Terdapat interaksi antara luas kandang dengan level aditif terhadap konsumsi ransum ayam broiler. Penggunaan level aditif tepung daging buah pala level 2% pada luas kandang 0,10 m2/ekor dapat meningkatkan pertambahan bobot badan, dan efiensi pakan.

 

(Kata kunci: Broiler, Tepung daging buah pala (Miristica fragrans Houtt), Luas lantai, Jumlah leukosit, Karakteristik karkas)





DOI: https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v36i1.1270

Article Metrics

Abstract views : 845 | views : 1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Buletin Peternakan (Bulletin of Animal Science) Indexed by:

 Harvard Library
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.