Program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” untuk Meningkatkan Keterampilan Toileting Anak Usia Dini
Abstract
Keterampilan toileting merupakan salah satu tugas perkembangan pada masa anak usia dini untuk melatih kemandirian dalam kehidupan sehari-hari. Maka dirasa perlu untuk membiasakan anak agar dapat melakukan kegiatan toileting secara mandiri. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” dapat meningkatkan keterampilan toileting anak usia dini. Kuasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah bentuk nonequivalent control group design. Partisipan terdiri dari 16 orang siswa yang berusia 4-6 tahun (8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok control). Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah skala keterampilan toileting, lembar observasi keterampilan toileting anak, serta modul program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri”. Analisis data menggunakan independent sample T-test. Hasil analisis menunjukkan (t(14)=1,761; p=0,055, p>0,05). Tidak ada perbedaan skor yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan berupa program “Aku Bisa ke Toilet Sendiri” dengan kelompok kontrol yang hanya mendapat perlakuan berupa pemutaran video yang bertemakan lagu-lagu mengenai keterampilan toileting.
Keywords
DOI: 10.22146/gamajpp.54711
References
Agustina, W., & Sapta, R.F. (2015). Tiga faktor dominan penyebab kegagalan toilet training pada anak usia 4-6 tahun. Jurnal Ners dan Kebidanan, 2(2), 204-208. doi: 10.26699/jnk.v2i2.ART.p188-192
Bandura, A. (1977). Social learning theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall.
Brazelton, T. B. (1962). A child-oriented approach to toilet training. Pediatrics, 29(1), 121-128.
Burns, C.O., & Matson, J.L. (2017). Normal developmental milestones of toileting. In Matson J. (Eds), Clinical guide to toilet training children (hal. 49-62). Autism and Child Psychopathology Series. Springer.
Cocchiola M.A., & Redpath, C.C. (2017). Special populations: Toilet training children with disabilities. In Matson J. (Eds), Clinical guide to toilet training children (hal. 227-250). Autism and Child Psychopathology Series. Springer.
Drysdale, B., Lee, C. Y. Q., Anderson, A., & Moore, D. W. (2015). Using video modeling incorporating animation to teach toileting to two children with autism spectrum disorder. Journal of Developmental and Physical Disabilities, 27, 149–165. doi: 10.1007/s10882-014-9405-1
Hasballah, M.U. (2017). Toilet training. Banda Aceh: CBK Publishing
Kaerts, N., Vermandel, A., Lierman, F., van Gestel, A., & Wyndaele, J. J. (2012). Observing signs of toilet readiness: Results of two prospective studies. Scandinavian Journal of Urology and Nephrology, 46(6), 424–430. doi: 10.3109/00365599.2012.693537
Law, E., Yang, J. H., Coit, M. H., & Chan, E. (2016). Toilet school for children with failure to toilet train: Comparing a group therapy model with individual treatment. Journal of Developmental and Behavioral Pediatrics, 37(3), 223–230. doi: 10.1097/dbp.0000000000000278
Machmudah, M. (2017). Implementasi psikoedukasi toilet training melalui demonstrasi video dan flash card terhadap peningkatan pengetahuan ibu dan kemampuan toilet training anak toddler di Sekolah Toddler Harapan Bunda. Education and Human Development Journal, 2(1). doi: 10.33086/ehdj.v2i1.383
McLay L., & Blampied N. (2017). Toilet training: Strategies involving modeling and modifications of the physical environmental. In Matson J. (Eds.), Clinical guide to toilet training children (hal. 143-167). Autism and Child Psychopathology Series. Springer.
Nurfajriyani. I, Prabandari. Y. S, & Lusmilasari, L. (2016). Influence of video modelling to the toileting skill at toddler. International Journal of Community Medicine and Public Health, 3(8), 2029-2034. doi: 10.18203/2394-6040.ijcmph20162540
Sari, D.N.(2016). Modifikasi perilaku pendekatan positif dapat meningkatkan kemandirian anak (Skripsi tidak dipublikasikan). Surakarta: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.