Program Aktif (Aku Positif) untuk Meningkatkan Harga Diri Menjelang Masa Bebas pada Anak Didik di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA)

Fany Fakhrah, Esti Hayu Purnamaningsih
(Submitted 13 April 2020)
(Published 22 May 2020)

Abstract


Persepsi masyarakat tentang narapidana memberikan efek yang buruk terhadap persepsi narapidana tentang diri mereka sehingga tahanan anak merasa rendah diri menghadapi penerimaan masyarakat setelah masa hukuman berakhir. Penelitian ini menggunakan Program AKTIF (Aku Positif) yang bertujuan untuk meningkatkan harga diri remaja yang berhadapan dengan hukum menjelang masa bebas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah untreated control group design with dependent pretest and posttest samples. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik non parametrik Wilcoxon. Subjek penelitian berjumlah 12 orang remaja yang sedang menjalani masa tahanan (usia 16-18 tahun). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan skor  self-esteem lebih tinggi U(n=6)=0,027, p<0,05 secara signifikan pada kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program AKTIF (Aku Positif) terbukti efektif dalam meningkatkan harga diri pada anak didik di lembaga pemasyarakatan untuk mempersiapkan diri menjelang masa bebas.


Keywords


harga diri; lembaga pembinaan khusus anak (LPKA); program AKTIF; remaja; tahanan anak

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.55364

References


Aditomo, A., & Retnowati, S. (2004). Perfeksionisme, harga diri, dan kecenderungan depresi pada remaja akhir. Jurnal Psikologi, 31(1), 1-14.

Akhyar, Z. (2014). Persepsi masyarakat terhadap mantan narapidana di Desa Benua Jingah Kecamatan Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 4(7), 545-557.

Anggraeni, A., Sugiarti, A. M., & Christia, M. (2010). Gambaran self esteem pada pelaku residivisme: Studi pada residivis di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 12(2), 115-125.

Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baum, A. (1990). Stress, intrusive imagery, and chronic distress. Health Psychology, 9(6), 653–675. doi: 10.1037/0278-6133.9.6.653

Cerezo, M. C., Ortiz-Tallo, M., Cardenal, V., & de la Torre-Luque, A. (2014). Positive psychology group intervention for breast cancer patients: A randomised trial. Psychological Reports, 115(1), 44-64. doi: 10.2466/15.20.PR0.115c17z7

Coopersmith. (1967). The antecedents of self esteem. San Fransisco: W.H. Freeman & Company.

Harter, S. (1990). Self and identity development. In S. S. Feldman & G. R. Elliott (Eds.), At the threshold: The developing adolescent (hal. 352–387). Harvard University Press.

Larson, R.W. (2000). Toward a psychology of positive youth development. American Psychologist Vol. 55, No. 1, 170-183. doi: 10.1037/0003-066X.55.1.170

Minchinton, J. (1995). Maximum self-esteem: The handbook for reclaiming your sense of self-worth. Golden Books Centre.

Retnowati, S., Anjarsari, N., Wibowo, C., & Tanau, M. (2015). Positive psychotherapy untuk mahasiswa (Manuskrip tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Robinson, J. P., Shaver, P. R., & Lawrence, S. W. (1991). Criteria for scale selection and evaluation. In J. P. Robinson, P. R. Shaver, & S. W. Lawrence, Measures of Social Psychological Attitudes (hal.1-16). Academic Press.

Sartika, P.D,. (2018). Program Aktif (Aku Positif) untuk meningkatkan resiliensi pada remaja putri yang tinggal di panti asuhan (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sarwono, W. S. (1994). Psikologi lingkungan. Jakarta: Grasindo.

Utami, R. R., & Asih, M.K., (2016). Konsep diri dan rasa bersalah pada anak didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(1), 84-91. doi: 10.23917/indigenous.v1i1.2214

Yalom, I., & Leszcz, M. (2005). Theory and practice of group psychotherapy (Edisi kelima). Basic Books.

Zulni, L. (2018). Pelatihan Berpikir Positif untuk menurunkan kecemasan menghadapi masa bebas pada anak di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kutoarjo (Tesis tidak dipublikasikan). Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.