Pengaruh Pelatihan MBSR terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Baru

Ines Rinera, Sofia Retnowati
(Submitted 5 June 2020)
(Published 28 October 2020)

Abstract


Remaja, terutama remaja akhir yang mengalami fase transisi ke dewasa awal dan masuk ke perguruan tinggi rentan mengalami kecemasan karena perubahan-perubahan yang terjadi dalam waktu yang cukup singkat. Tingkat kecemasan yang tinggi pada mahasiswa baru berpotensi menurunkan performa akademik dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan masalah yang lebih serius. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pelatihan Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) terhadap kecemasan pada mahasiswa baru. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan menggunakan untreated control group design. Partisipan penelitian ini berjumlah 16 orang mahasiswa baru (laki-laki= 3) di sebuah fakultas peternakan. Instrumen pengambilan data menggunakan skala BAI. Analisis data menggunakan uji Mann-whitney yang menunjukkan hasil signifikansi U=2,000, p=0,001. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan MBSR menurunkan tingkat kecemasan mahasiswa baru (hipotesis diterima).


Keywords


kecemasan; mahasiswa baru; MBSR; mindfulness; remaja akhir

Full Text: PDF

DOI: 10.22146/gamajpp.56658

References


Arnett, J. J. (2000). Emerging adulthood: A theory of development from the late teens through the twenties. American Psychologist, 55(5), 469–480. doi: https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.5.469

Baer, R. A., Smith, G. T., & Allen, K. B. (2004). Assessment of mindfulness by self-report: The Kentucky Inventory of Mindfulness Skills. Assessment11(3), 191-206. doi: https://doi.org/10.1177/1073191104268029

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: Mindfulness and its role in psychological well-being. Journal of Personality and Social Psychology84(4), 822-848. doi: https://doi.org/10.1037/0022-3514.84.4.822

Clark, D.A. & Beck, A.T. (2012). Anxiety and worry workbook: the cognitive behavioural solution. New York: The Guilford Press.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Dvořáková, K., Kishida, M., Li, J., Elavsky, S., Broderick, P. C., Agrusti, M. R., & Greenberg, M. T. (2017). Promoting healthy transition to college through mindfulness training with first-year college students: Pilot randomized controlled trial. Journal of American College Health65(4), 259-267. doi: https://doi.org/10.1080/07448481.2017.1278605

Feldman, G., Greeson, J., & Senville, J. (2010). Differential effects of mindful breathing, progressive muscle relaxation, and loving-kindness meditation on decentering and negative reactions to repetitive thoughts. Behaviour Research and Therapy, 48(10), 1002-1011. doi: https://doi.org/10.1016/j.brat.2010.06.006

Gallego, J., Aguilar-Parra, J. M., Cangas, A. J., Langer, Á. I., & Mañas, I. (2014). Effect of a mindfulness program on stress, anxiety and depression in university students. The Spanish Journal of Psychology, 17, E109. doi: http://doi.org/10.1017/sjp.2014.102

Germer, C. K., Siegel, R. D., & Fulton, P. R. (2005). Mindfulness and psychotherapy. New York: Guilford Press.

Hofmann, S. G., Sawyer, A. T., Witt, A. A., & Oh, D. (2010). The effect of mindfulness-based therapy on anxiety and depression: A metaanalytic review. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 78(2), 169-183. doi: https://dx.doi.org/10.1037/a0018555

Jauhari, G. P. (2016). Program mindfulness untuk menurunkan depresi pada orang dengan HIV/AIDS (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Kabat-Zinn, J. (2012). Mindfulness for beginners. Louisville: Sounds True.

Munazilah. (2019). Program Mindfulness Based Stress Reduction untuk menurunkan kecemasan pada individu dengan penyakit jantung koroner. (Tesis tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Nevid, J. S., Rathus, S.A, dan Green, B. (2014). Abnormal psychology in changing world (Edisi kesembilan). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Rinera, I. (2019). Pengaruh Pelatihan MBSR terhadap kecemasan pada mahasiswa baru (Skripsi tidak dipublikasikan). Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Santrock, J. W. (1998). Adolescence. New York: McGraw-Hill.

Shadish, W., Cook, T., & Campbell, D. (2002). Experimental and quasi experimental designs for generalized causal inference. Boston: Houghton Mifflin Company.

Vøllestad, J., Sivertsen, B., & Nielsen, G. H. (2011). Mindfulness-based stress reduction for patients with anxiety disorders: Evaluation in a randomized controlled trial. Behavior Research and Therapy, 49(4), 281-288.

Wharton, E. & Kanas, N. (2019). Mindfulness-based stress reduction for the treatment of anxiety disorders. International Journal of Group Psychotherapy, 69(3), 362-372. doi: https://doi.org/10.1080/00207284.2019.1599289

Wilkinson, M., McIntyre, D., & Edwards, L. (2013). Electrocutaneous pain thresholds are higher during systole than diastole. Biological Psychology, 94(1), 71-73. doi: http://doi.org/10.1016/j.biopsycho.2013.05.002

World Health Organization (WHO). (2017). Depression and othe common mental disorders: Global health estimates. Geneva: World Health Organization


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.