MODEL GRAVITASI SEBAGAI ALAT PENGUKUR HINTERLAND DARI CENTRAL PLACE: SUATU KAJIAN TEORITIK



Prasetyo Soepono(1*)

(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Tiap central place (kota) memiliki hinterland atau daerah sekeliling. Tiap kota mendominasi dan mempengaruhi daerah sekelilingnya. Kota dan daerah sekelilingnya saling mengadakan interaksi. Daerah sekeliling itu meliputi desa-desa dan sejumlah central place dengan jenjang yang lebih rendah. Sampai berapa jauh suatu central place mempengaruhi atau berinteraksi dengan daerah sekelilingnya dapat diukur dengan model gravitasi. Model gravitasi itu sendiri sebagai salah satu metode analisis wilayah mengalami perbaikan atau penyempurnaan. Model gravitasi yang dimodifikasi bahkan dapat diterapkan untuk mengambil keputusan-keputusan lokasi suatu pusat perbelanjaan atau perencanaan real estate lainnya.

Keywords


central place, hinterland, gravitation model, location decision.

Full Text:

PDF


References

Berry, Brian J.L. 1967. Geography of Market Centers and Retail Distribution. Englewood Cliffs, N.J. : Prentice-Hall, Inc. hal. 40-41.

Berry, Brian and John Barr. 1988. Market Centers and Retail Locations. Englewood Cliffs. N.J.: Prentice Hall.

Blair, John P. 1991. Urban and Regional Economics. Homewood, II.: lrwin. Christaller, Walter. 1966. Central Places of Southern Germany. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall, 1966. Huff,

David L. 1963. "A Probabilistic Analysis of Shopping Center Trade Areas". Land Economics. 39, hal. 81-90.

Isard, Walter. 1960. Methods of Regional Analysis: An Introduction to Regional Science. Cambridge, Massachusetts: The M.I.T. Press.

Jawa Tengah dalam Angka. 1999. Semarang: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Losch, August. 1940. The Economics of Location. (terjemahan M.H. Woglom & W.F. Stopler. New Haven: Conn: Yale University, 1954).

O'Sullivan, Arthur. 1996. Urban Economics. Chicago: Richard D. Irwin. Inc.

Penduduk Propinsi DlY. 1999. Yogyakarta: Badan Pusat Statistik Provinsi D.I. Yogyakarta.

Soepono, Prasetyo. 1999. "Teori Lokasi: Representasi Landasan Mikro Bagi Teori Pembangunan Daerah". Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. 14. No. 4, hal. 10.




Article Metrics

Abstract views : 22740 | views : 12730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics