PEMBANGUNAN SUMBERDAYA MANUSIA DAN INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA SEKTOR PERTANIAN



Azril Azahari(1*)

(1) Universitas Trisakti
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi indikator-indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja pembangunan manusia pertanian. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan proses pembangunan yang berorientasi pada manusia, UNDP telah mengembangkan Indeks Pembangunan Manusia/IPM (Human Development Index/HDI). Selain IPM, sejak tahun 1995 UNDP telah mengembangkan pula alat ukur lain, yang ditujukan pula untuk menilai keberhasilan pembangunan di suatu negara. Alat ukur tersebut adalah Indeks Kemiskinan Manusia/IKM (Human Poverty Indeks/HPI) dan indeks pembangunan Jender/IPJ (Gender Development index/ GDI). Memperhatikan permasalahan dan program pembangunan yang dikemukakan oleh berbagai ahli, maka ada delapan aspek yang mejadi perhatian pokok dalam pembangunan manusia. Kedelapan aspek tersebut adalah. pendidikan, kesehatan, kesejahteraan ekonomi produktivitas tenaga kerja, pengangguran, aspek moral, kesejahteraan jender, dan kemiskinan. Ternyata kedelapan aspek tersebut umumnya juga merupakan issue dan permasalahan yang dihadapi oleh sumberdaya manusia pertanian. Dikaitkan dengan hal tersebut dan ketersediaan data maka pembangunan manusia pertanian diukur dengan menggunakan indeks komposit yang tersusun dari indikator: pendidikan, produktivitas tenaga kerja dan kesejahteraan ekonomi. Selain itu pengukuran kesetaraan jender juga dilakukan dengan menggunakan indikator yang sama dengan indikator pembangunan manusia pertanian. Pendidikan dijadikan sebagai indikator pokok dalam pembangunan manusia pertanian, karena masalah pendidikan sudah menjadi salah satu target pembangunan yang telah dicanangkan PBB. Selain itu perbaikan mutu pendidikan dikalangan masyarakat memiliki multiplier effect yang besar. Mengingat berbagai keterbatasan yang dihadapi (khususnya ketersediaan data), maka IPM pertanian (yang menetapkan derivasi dari IPM) disusun dengan menggunakan indikator pendidikan, produktivitas tenaga kerja dan pendapatan. Perhitungan komponen indikator pendidikan yang digunakan dalam studi ini serupa dengan prosedur yang telah dilakukan UNDP dan BPS.

Full Text:

PDF


References

Agriculture Manpower Development Centre. 1998. Monitoring Tenaga Kerja Pertanian. Ciawi-Bogor.

Biro Pusat Statistik. 1996. “Indikator Sosial Wanita Indonesia 1995‟. Biro Pusat Statistik. 1994. „Indeks Pembangunan Manusia Perbandingan Antar Propinsi 1990 - 1993.

Biro Pusat Statistik. 1997. “Ringkasan Laporan Pembangunan Manusia Indonesia 1996”.

Gilley, J.W. and S.A.Eggland. 1996. „Principle of Human Resources Development”. New York: Addison Wesley.

Khumaidi, M. 1997. „Penetapan Upah Minimum di Sektor Pertanian”. Prisma; 7, JuliAgustus. Jakarta.

Sadli, Saparinah et.al. 1995. “Pedoman Penyusunan Indikator Wanita Indonesia. Jakarta: BPS

Sumodiningrat, Gunawan. 1996. „Perencanaan Pembangunan dalam Penanggulangan Kemiskinan. Prisma Nomor Khusus 25 tahun.

Suyanto, Bagong dan Emy Susanti Hendarso. 1996. “Pemberdayaan dan Kesetaraan Perempuan. Prisma No.5 tahun XXV

Syarif Hidayat dan Boediono. 1996. „Pembangunan Sumberdaga Manusia; Penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun‟.Prisma Nomor Khusus.

UNDP. 1997. „Human Development Report‟. Oxford University Press. Widodo, Y.B. dan Daliyo. “Laporan Pengembangan Manusia Nusa Tenggara Barat 1980-1995. Jakarta: PPT-LIPI

World Development Bank. 1997. „World Development Indicator 1997‟.




Article Metrics

Abstract views : 19037 | views : 42808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics