PENGARUH LEVERAGE OPERASI DAN LEVERAGE FINANSIAL TERHADAP RISIKO SISTEMATIK SAHAM: STUDI PADA PERUSAHAAN PUBLIK DI INDONESIA



Sufiyati Sufiyati(1*), Ainun Na'im(2)

(1) Universitas Tarumanegara
(2) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


Studi ini meneliti tentang pengaruh tingkat leverage operasi dan leverage finansial pada tingkat risiko sistematik perusahaan publik Indonesia. Studi ini mengembangkan lebih lanjut studi mengenai gabungan leverage operasi dan leverage finansial dengan tingkat risiko sistematik yang telah banyak dilakukan di lingkungan pasar modal yang sudah mapan seperti New York Stock Exchange (NYSE), yang hasilnya tidak konsisten (misalnya, studi oleh Lev 1974, Mandelker dan
Rhee 1984, dan Huffman 1987). Studi inijuga mengembangkan studi tentang masalah risiko saham di Indonesia yang sebelumnya telah diteliti misalnya oleh Budiarti (1996) dan Tandelilin (1997). Penelitian ini juga mempertimbangkan pengaruh ukuran dan jenis industri perusahaan, dan peneliti keseimbangan antara leverage operasi dan leverage finansial.


Secara spesifik penelitian ini memberikan kontribusi pada literatur risiko saham yang telah ada dalam dua hal. Pertama, dibanding dengan penelitian sebelumnya, misalnya oleh Huffman (1987), penelitian ini menggunakan data perusahaan Indonesia yang mempunyai lingkungan pasar modal yang berkembang. Kedua, dibanding dengan penelitian masalah risiko yang telah dilakukan dengan data perusahaan Indonesia, Penelitian ini menggunakan sampel yang lebih besar dan menggunakan metodologi yang digunakan oleh Mandelker dan Rhee (1984) dan Huffman (1987) yang sebelumnya belum pernah diterapkan dalam penelitian dengan data Indonesia.

Hasil analisis data terhadap 60 perusahaan publik di Bursa Efek Jakarta (BEJ) menunjukkan bahwa ukuran perusahaan merupakan variabel yang secara konsisten berpengaruh secara positif terhadap risiko beta. Sedangkan variabel industri tidak berpengaruh, dan variabel leverage operasi dan leverage finansial memberikan hasil yang tidak konsisten antara satu skenario metode pengukuran dengan skenario metode pengukuran yang lain. Dalam beberapa skenario pengaruh leverage operasi dan finansial juga tidak konsisten dengan penelitian sebelumnya. Faktor-faktor yang mungkin menyebabkan ketidak konsistenan ini meliputi metode penelitian yang berbeda, sampel, dan car a pengukuran variabel.


Full Text:

PDF


References

Beaver, William, Kettler, Paul and Scholes, Myron, "The Association Between Market Determined and Accounting Determined Risk Measures". Accounting Review, 45 (October 1970), pp 654-682.

Bowman G. Robert, "The Theoritical Relationship Between Systematic Risk and Financial (Accounting) Variables", The Journal of Finance, Vol XXXIV, 3 (1979), pp 617-630.

Breen, William. J and Lerner, Eugene M. "Corporate Financial Strategies and Market Measures of Risk and Return", Journal of Finance 28 (May 1973), pp 339-351.

Budiarti Endah, "Analisis Faklor-Faktor yang Mempengaruhi Beta Saham di Bursa Efek Jakarta Periode Juli 1992-Desember 1994", Program Pasca Sarjana, 1996, UGM, Yogyakarta.

Chan, K.C. dan N. Chen. "Structural and Returns Characteristics of Small and Large Firms," Journal of Finance, 46 (September, 1991), pp 1467 - 84.

Ferri, Michael G., and Wesley H. Jones ."Determinant of Financial Structure: A New Methodological Approach", Journal of Finance, 34 (June 1979), pp 631-644.

Hamada, Robert S., "The Effects of Firm's Capital Structure on the Systematic Risk of Common Stocks", Journal of Finance, 27 (May 1972), pp 435462.

Huffman, Stephen P. "The Impact of the Degree of Operating and Financial Leverage on the Systematic Risk of Common Stock", Quarterly Journal of Business and Economic 28 (1987), pp 83-100.

Jones, Charles, "Investment : Analysis and Management", Thrid Edition, New York, John Wiley&Sons, 1991.

Lev, Baruch, "On the Association between Operating Leverage and Risk", Journal of Financial and Quantitative Analysis, 9 (September 1974), pp 627641.

Mandelker, Gershon N. and Rhee, S. Ghon, "The Impact of the Degree of Operating and Financial leverage on Systematic Risk of Common Stock," Journal of Financial and Quantitative analysis, 19 (arch 1984), pp 45-57

Rubinstein, M.E.. "A Mean-Variance Synthesis of Corporate Financial Theory," Journal of Finance, 28 (March 1973) pp. 167-182.

Tandelilin, E.. "Determinants of Systematic Risk: The Experience of Some Indonesian Common Stock," Kelola: Gadjah Mada University Business Review, 16 (1997), pp 101-123.




Article Metrics

Abstract views : 3978 | views : 1558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Journal of Indonesian Economy and Business

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Journal of Indonesian Economy and Business

Journal

Editorial Team
Focus and Scope
Peer Review Process
Publication Ethics
Screening for Plagiarism

Authors

Author Guidelines
Submission Guidelines
Online Submissions
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees

Download

Author Pack
Submission Form & Manuscript Template

 

Reviewer

Reviewer Guidelines
Reviewer Acknowledgement

 

Reader

General Search
Achieves
Author index
Title index

 

 

The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business 
 Visitor Statistics