PERANAN STRATEGI OPERASI DALAM MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING PERUSAHAAN
Eduardus Tandelilin(1*)
(1) Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Setiap perusahaan dalam suatu industri yang persaingannya sangat ketat pasti mempunyai strategi bersaing. Strategi bersaing dapat dikembangkan secara eksplisit melalui proses perencanaan, atau secara implisit melalui kegiatan-kegiatan dari berbagai departemen fungsional perusahaan. Pokok perumusan strategi bersaing adalah menghubungkan perusahaan dengan lingkungannya. Keadaan lingkungan akan mempengaruhi semua perusahaan yang ada dalam suatu industri, sehingga kunci keberhasilannya terletak pada kemampuan perusahaan menciptakan kekuatan yang berlainan di antara perusahaan perusahaan dalam industri. Strategi operasi merupakan salah satu cara yang telah dikembangkan oleh perusahaanperusahaan di Jepang dengan memanfaatkan operasi pabriknya (manufacturing operations) untuk berkompetisi di pasaran internasional. Mereka dapat memproduksi serta mendisain barang-barang yang berkualitas lebih baik dan dengan harga yang lebih murah.
Strategi operasi adalah suatu visi fungsi operasi yang memberikan keseluruhan pengarahan atau dorongan bagi pengambilan keputusan agar searah dengan tujuan perusahaan. Strategi operasi terdiri dari misi (mission), kemampuan khusus (distinctive competance), tujuan (objective), dan kebijakan (policy). Tiga input strategi operasi adalah strategi bisnis, analisis eksternal dan analisis internal. Strategi dan keputusan tidak selalu sama, tergantung apakah perusahaan cenderung pada strategi low-cost atau strategi differentiation. Timbulnya global corporation telah mengubah strategi operasi, dengan harus melihat perspektif secara keseluruhan dunia baik dalam hal fasilitas, lokasi, sumber daya, disain produk, teknologi proses, logistik maupun organisasi. Learning curve menunjukkan hubungan antara unit cost dan akumulasi volume yang diproduksi, sehingga dengan mengikuti kurva ini, keunggulan bersaing dapat dicapai.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, John C, Gary Cleveland and Roger G. Schroeder, “Operations Strategy: A Literature Review,” Working Paper, Operation Management Center, Carlson School of Management, University of Minnesota, April 1986.
Bhide, Amar, "Hustle as Strategy," Harvard Business Review, September-October 1986, pp. 59-65. Buffa, Elwood S., Meeting the Copetitive Challenge. Homewood, III: Irwin, 1984. Cook, David T., "Why GM's Small Car Experts Threw in the Wrench, Christian Science Monitor, June 2, 1982. Ghemawat, Pankay, "Building Strategy on the Experience Curve", Harvard Business Review, March-April 1985, pp. 143-149. Haas, Elizabeth A., "Breakthrough Manufacturing", Harvard Business Review, March-April 1987, pp. 75-81. Hayes, Robert H., "Strategic Planning-Forward in Reverse?", Harvard Business Review, November-December 1985, pp. 111-119. _________and Steven C. Wheelwright, Restoring Our Competitive Edge: Competing Through Manufacturing, New York: Wiley, 1984. Hill, Terry, Manufacturing Strategy-The Strategic Management of Manufacturing Function, New York: Macmillan, 1985. Peters, Thomas J, and Robert Waterman, Jr., In Search of Excellence, New York: Harper & Row 1982. Porter, Michael E., Competitive Strategy: Techniques for Analyzing Industries and Competitors, New York: Free Press, 1980. Ruwe, Dean M, and Wickham Skinner, "Reviving a Rust Belt Factory", Harvard Business Review, May-June 1087, pp. 70-76. Schroeder, Roger G, John C Anderson, And Gary Cleveland, "The Content of Manufacturing Strategy: An Empirical Study", Journal of Operations Management, vol. 6, no. 4, August 1986, pp. 405-416. Skinner, Wickham, "Manufacturing-Missing Link in Coporate "Strategy", Harvard Business Review, May-June 1969, pp. 136-145. _________, "The Facused Factory", Harvard Business Review, May-June 1974, pp. 113-121. _________, Manufacturing: The Formidable Competitive Weapon, New York Wiley, 1985. Wheelwright, Steven C, "Japan - Where Operation Really Are Strategic", Harvard Business Review, July-August 1981, pp. 67- 74. _________, And Robert H. Hayes, " Competing Through Manufacturing", Harvard Business Review, January-February 1985, pp. 99-109.
Article Metrics
Abstract views : 92403 | views : 33356Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 1991 Journal of Indonesian Economy and Business
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Journal of Indonesian Economy and Business |
The Journal of Indonesian Economy and Business (print ISSN 2085-8272; online ISSN 2338-5847) is published by the Faculty of Economics and Business Universitas Gadjah Mada, Indonesia. The content of this website is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License |
© 2019 Journal of Indonesian Economy and Business | Visitor Statistics |