Gambaran penerapan alur prosedur pelayanan dan penyelenggaraan rekam medis di rs. Pku muhammadiyah - selogiri

https://doi.org/10.22146/jisph.42369

Arifatun Nisaa(1*)

(1) Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Rekam medis dikelola berdasarkan struktur yang standar, dengan ketentuan sistem pelaksanaan dievaluasi untuk menghasilkan informasi dan memiliki standar kerahasiaan yang harus dijaga. Dokumen rekam medis pada prinsipnya disimpan dengan baik di rumah sakit sehingga mudah dicari ulang setiap keperluan informasi pelayanan terhadap pasien.

Tujuan: Untuk mengetahui bagaimana penerapan alur prosedur pelayanan dan fungsi menejemen serta penyelenggaraan rekam medis di RS Muhammadiyan Selogiri.

Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan rancangan penelitian yang digunakan adalah fenomenologi.

Hasil: Sistem pengelolaan data rekam medis di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri yang meliputi assembling, coding and indexing, analizing and reporting, filing. Sistem rekam medis di Rumah sakit Muhammdiyah Selogiri Wonogiri meliputi: Sistem Penamaannya menggunakan nama pasien sendiri sesuai dengan tanda pengenal yang sah seperti KTP, akte kelahiran, SIM, dll. Sistem penomoranya menggunakan Unit Numbering System (UNS). Sistem penjajaranya menggunakan Terminal Digit Filing (TDF) dan Straight Numerical Filing (SNF).

Kesimpulan: Perlu dilakukan penggabungan dari sistem penjajaran SNF ke sistem penjajaran TDF secara keseluruh untuk memudahkan dan mempercepat dalam pengambilan dokumen rekam medis. Petugas filling  perlu meningkatkan ketelitian dalam penyimpanan dokumen rekam medis agar tidak sering terjadi missfile (salah letak).

Kata kunci: Alur Prosedur, Prosedur Pelayanan Dan Fungsi Manajemen, Implementasi Rekam Medis


Keywords


Procedure Flow, Procedure of Service and Management Functions, Medical Record Implementation



References

Depkes RI (2006) Pedoman Penyelenggaraan dan Prosedur Rumah Sakit di Indonesia Revisi II. Jakarta: Direktorat Jendral Bina Pelayanan Medik. Hatta (2010) “Pedoman Manejemen Informasi Kesehatan di Sarana Pelayanan Kesehatan,” in. Jakarta: UI Press. Kemenkes RI (2004) UU Praktek Kedokteran RI No. 29 Tahun 2004 Pasal 46 ayat (1). Tentang Sejarah Rekam Medis. Indonesia. Kemenkes RI (2008) Permenkes RI 269 Tahun 2008 Tentang Rekam Medis. Indonesia. Surat Edaran DIRJEN Yanmed No.HK.00.05.1.5.10.373/1993 tentang Petunjuk Teknis Pengadaan Formulir RM Dasar dan Pemusnahan Arsip RM di Rumah Sakit



DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.42369

Article Metrics

Abstract views : 4134 | views : 65598 | views : 4222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats