Efektivitas Penggunaan Standar Pertumbuhan WHO Anthro Terhadap Kualitas Dan Informasi Data Status Gizi Balita

https://doi.org/10.22146/jisph.6095

Agus Hendra AL Rahmad(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Peningkatan dan performance Tenaga Pelaksana Gizi (TPG) dalam memberikan informasi mutlak diperlukan. TPG Puskesmas ujung tombak dalam menginput data antropometri yang menjadi sumber data bagi dinas kesehatan, dan fondasi data status gizi. Menciptakan informasi data akurat, representatif dan reliable, maka tenaga gizi sebagai end-user  perlu pemberdayaan standar pertumbuhan WHO untuk menghasilkan data gizi berkualitas.

Metode: Penelitian kuantitatif ini menggunakan jenis Quasi Experimental, dengan rancangan pretest posttest non equivalent group. Subjek diambil sebanyak 40 TPG secara non-random assignment. Analisis data meliputi uji statistik Dependent T-Test dan Independent T-Test.

Hasil: Terdapat pengaruh signifikan pelatihan dan penerapan standar pertumbuhan WHO Anthro dalam meningkatkan persepsi TPG dan kualitas informasi data gizi, dengan p-value < 0,05. Pelatihan berbasis software WHO Antro mempunyai efektivitas yang lebih baik dalam meningkatkan persepsi TPG dan kualitas informasi data gizi, dengan p-value < 0,05. Sedangkan, aspek relevansi (p=0,40120) pada persepsi tidak menunjukan efektivitas (p-value > 0,05).

Kesimpulan: Pelatihan dan penerapan standar pertumbuhan WHO Anthro berpengaruh terhadap peningkatan persepsi TPG dan kualitas informasi data status gizi, dan mempunyai efektivitas yang lebih baik persepsi TPG maupun kualitas informasi data status gizi di wilayah Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh.


Keywords


Standar Pertumbuhan WHO, WHO-Anthro, Persepsi, Kualitas Informasi




DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.6095

Article Metrics

Abstract views : 8638 | views : 6445 | views : 1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats