Perancangan Prototipe Dashboard Pasien pada Klinik Kecantikan : Studi Kasus Klinik S

https://doi.org/10.22146/jisph.75728

Miftah Adiyaksa Luckyarno(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar belakang: Klinik kecantikan menjadi klinik yang popular di era modern. Klinik S merupakan salah satu klinik kecantikan yang sudah memanfaatkan sistem informasi tetapi masih terdapat kekurangan yaitu belum adanya dashboard pasien yang nantinya dapat membantu dokter untuk pengambilan keputusan. Sehingga diperlukan perancangan prototipe dashboard pasien yang diharapkan dapat membantu pengambilan keputusan dokter.

Metode: Perancangan dashboard pasien menggunakan pendekatan User-Centered Design yang berfokus pada pengguna. Klinik S membutuhkan dashboard pasien yang dapat menampilkan profil pasien, riwayat foto pasien, riwayat pembelian pasien, rekam medis pasien. Prototipe dashboard pasien dirancang menggunakan figma yang selanjutnya akan dievaluasi menggunakan System Usability Scale (SUS).

Hasil: Prototipe dashboard pasien sudah sesuai dengan kebutuhan Klinik S yaitu menampilkan profil pasien, Riwayat foto pasien, Riwayat pembelian pasien, dan juga rekam medis pasien. Rata-rata skor SUS untuk dashboard pasien adalah 77,3, masuk dalam kategori grade B dan kategori “Good” dengan penerimaan oleh pengguna yang baik.

Kesimpulan: Dashboard pasien dapat dikatakan sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh Klinik S dan mempunyai tingkat penerimaan yang terbilang baik. Pengembangan dashboard pasien perlu dilanjutkan untuk menghasilkan dashboard pasien yang maksimal dalam membantu dokter mengambil keputusan.


Keywords


dashboard, sus, prototipe




DOI: https://doi.org/10.22146/jisph.75728

Article Metrics

Abstract views : 289 | views : 118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2023 Journal of Information Systems for Public Health

shopify traffic stats View My Stats