Tinjauan Penyebab Pengembalian Klaim Rawat Jalan Kasus Radioterapi di RSUD Tugurejo Semarang Periode Mei-Desember Tahun 2019

https://doi.org/10.22146/jkesvo.72216

Faik Agiwahyuanto(1*), Sri Setyana(2), Jaka Prasetya(3), Sylvia Anjani(4)

(1) Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro
(2) Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro
(3) Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro
(4) Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro
(*) Corresponding Author

Abstract


Latar Belakang: Sejak ditetapkannya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada Januari 2014, polemik tentang permasalahan BPJS Kesehatan masih sangat mendominasi, salah satunya pengembalian klaim di rumah sakit. Berdasarkan survei awal, dari 10 berkas klaim pasien radioterapi yang dikembalikan, 2 berkas tidak memiliki keterangan jadwal radioterapi, 4 berkas tidak melampirkan protokol radioterapi, dan 4 berkas lainnya tidak melampirkan jadwal maupun protokol pelayanan radioterapi.

Tujuan: Mengetahui penyebab pengembalian klaim pada pasien rawat jalan kasus radioterapi di RSUD Tugurejo Semarang periode Mei-Desember tahun 2019.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara.

Hasil: Dari 111 berkas klaim yang ditolak, 98,19% dikembalikan karena ketidaklengkapan berkas, yang terdiri dari tidak adanya keterangan hasil CT Scan (21,10%), tidak terdapat keterangan jadwal radioterapi (32,43%), dan tidak terdapat protokol radioterapi (45,04%), dan klaim dikembalikan karena ketidaktepatan kode (1,83%).

Kesimpulan: Berkas klaim yang dikembalikan disebabkan karena ketidaklengkapan berkas dan ketidaktepatan kode.


Keywords


Radioterapi; klaim rawat jalan; pengembalian klaim

Full Text:

PDF


References

Agiwahyuanto, F., Octaviasuni, S., & Fajri, Moh. U. N. (2019). Analisis Implementasi Total Quality Management (TQM) Pada Kasus Pending Klaim Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Di RSUD Kendal Tahun 2018. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 7(3), 171–180. https://doi.org/10.14710/jmki.7.3.2019.15-24

Agiwahyuanto, F., Sudiro, & Hartini, I. (2016). Upaya Pencegahan Perbedaan Diagnosis Klinis Dan Diagnosis Asuransi Dengan Diberlakukan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Dalam Pelayanan BPJS Kesehatan Studi Di RSUD Kota Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 4(02), 84–90. https://doi.org/10.14710/jmki.v4i2.13594

Arikusnadi, N. W., Sudirman, & Kadri, A. (2020). Studi Penyebab Pengembalian Berkas Klaim BPJS Kesehatan Di Rumkit Bhayangkara Palu. Jurnal Kolaboratif Sains, 1(1), 240–250.

Artanto, A. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD Dr. Kanujoso Djatiwibowo, Periode Januari-Maret 2016. Jurnal Administrasi Rumah Sakit (ARSI), 4(2), 122–134.

Arwati, N. K. A., Sedana, I. B. P., & Artini, L. G. S. (2016). Studi Kelayakan Pengembangan Investasi Pada Rumah Sakit Gigi dan Mulut FKG Universitas Mahasaraswati Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 5(6), 1459–1484.

BPJS Kesehatan. (2014a). Panduan Praktis Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. (2014b). Panduan Praktis Penjaminan Pelayanan Kesehatan Darurat Medis di Faskes yang Tidak Bekerja Sama dengan BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. (2014c). Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan. (2018). Panduan Manual Verifikasi Klaim INA-CBG Panduan Manual Verifikasi Klaim INA-CBG. BPJS Kesehatan.

Dumaris, H. (2015). Analisis Perbedaan Tarif Rumah Sakit dan Tarif INA-CBG’s Pelayanan Rawat Jalan di RSUD Budhi Asih Jakarta Tahun 2015. Jurnal Administrasi Rumah Sakit, 3(1), 20–28.

Habib, H., Mulyana, R. M., Albar, I. A., & Sulistio, S. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Resume Medis IGD RSCM oleh Verifikator BPJS Kesehatan. Cermin Dunia Kedokteran, 45(4), 251–254.

Indawati, L. (2019). Analisis Akurasi Koding Pada Pengembalian Klaim BPJS Rawat Inap Di RSUP Fatmawati Tahun 2016. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 105–113. https://doi.org/10.33560/jmiki.v7i2.230

Irawan, S., Kuntjoro, T., & Taslim, R. P. (2016). Analisis Kejadian Pulang Atas Permintaan Sendiri (APS) Pada Pasien Peserta BPJS Yang Dirawat Inap Di RSUD Tais Kabupaten Seluma. Universitas Gajah Mada.

Irmawati, I., Marsum, M., & Monalisa, M. (2019). Analisis Dispute Kode Diagnosis Rumah Sakit Dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Jurnal Manajemen Informasi ….

Irmawati, Sugiharto, Susanto, E., & Astrrianingrum, M. (2016). Faktor-faktor Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Rawat Inap Oleh Verifikator BPJS Kesehatan Di RSUD Tugurejo. In Seminar Nasional Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (pp. 124–130).

Kusumawati, A. N., & Pujiyanto. (2018). Analisis Kinerja Dokter Verifikator Internal dalam Menurunkan Angka Klaim Pending di RSUD Koja Tahun 2018. Jurnal ARSI, 6(1), 1–10.

Kusumawati, A. N., & Pujiyanto. (2020). Faktor-Faktor Penyebab Pending Klaim Rawat Inap di RSUD Koja tahun 2018. Cdk-282, 47(1), 25–28.

Malonda, T. D., Rattu, A. J. M., & Soleman, T. (2015). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano. Jikmu, 5(2b), 436–447.

Megawati, L., & Pratiwi, R. D. (2016). Faktor-Faktor Penyebab Pengembalian Berkas Persyaratan Klaim BPJS Pasien Rawat Inap di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.22146/jkesvo.27476

Nuraini, N., Wijayanti, R. A., Putri, F., Alfiansyah, G., Deharja, A., & Santi, M. W. (2019). Optimalisasi Manajemen Penanganan Klaim Pending Pasien BPJS Rawat Inap Di Rumah Sakit Citra Husada Jember. Kesmas Indonesia, 11(1), 24–35.

Pradani, E. A., Lelonowati, D., & Sujianto. (2017a). Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di RS X: Apa Akar Masalah dan Solusinya? Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2), 107–114. https://doi.org/10.18196/jmmr.6134

Pradani, E. A., Lelonowati, D., & Sujianto. (2017b). Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di RS X: Apa Akar Masalah dan Solusinya? Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 6(2), 107–114. https://doi.org/10.18196/jmmr.6134

Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Kota Semarang. (2020). Data Rekam Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Kota Semarang. DRM Rumah Sakit Umum Daerah Tugurejo Kota Semarang.

Sabriyah, Sudirman, & Nor, A. R. A. C. (2016). Implementasi Pengajuan Klaim Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Anutapura Palu. Promotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 118–128. https://doi.org/10.31934/promotif.v6i2.17

Supriadi, & Rosania, S. (2019). Tinjauan Berkas Klaim Tertunda Pasien JKN Rumah Sakit Hermina Ciputat 2018. Jurnal Vokasi Indonesia, 7(2), 19–26. https://doi.org/10.7454/jvi.v7i2.145

Windari, A., & Kristijono, A. (2016). Analisis Ketepatan Koding Yang Dihasilkan Koder Di RSUD Ungaran. Jurnal Riset Kesehatan, 5(1), 35–39.



DOI: https://doi.org/10.22146/jkesvo.72216

Article Metrics

Abstract views : 511 | views : 485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Kesehatan Vokasional

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


site
stats View My Stats