Penguatan Kapasitas Penyusunan Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa di Banaran dan Brosot, Galur, Kulon Progo

https://doi.org/10.22146/jpkm.40683

Ratnawati Ratnawati(1*), Ambar Teguh Sulistyani(2), Oberlin Silalahi(3)

(1) Departemen Politik dan Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dam Politik, Universitas Gadjah Mada
(2) Departemen Manajemen dan Kebijakan Publik, Fakultas Ilmu Sosial dam Politik, Universitas Gadjah Mada
(3) Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Proklamasi 45
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa (UU Desa) yang membuat desa menjadi arena pelaksanaan program pembangunan dari pemerintah, tidak lagi seperti pada beberapa waktu lalu yang menjadikan desa hanya sebagai lokasi program pembangunan. Konsekuensi dari posisi dan peran desa yang seperti itu adalah setiap desa diberi alokasi dana desa sebesar maksimal 1 milyar rupiah. Salah satu syarat untuk mencairkan dana desa tersebut adalah adanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) , dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes). Terkait hal tersebut, Pemerintah Desa Banaran dan Pemerintah Desa Brosot menghadapi masalah, yaitu belum mampu menyusun dokumen RPJMDes berdasarkan peraturan dari Kementrian Dalam Negeri. Untuk itu, dilaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang bertujuan  memberikan penguatan kapasitas atau kemampuan kepada pemerintah desa dalam menyusun dokumen RPJMDes sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk mencapai tujuan tersebut, diselenggarakan pelatihan penyusunan dan dokumen RPJMDes, serta pendampingan, advokasi dan konsultasi dalam penyusunan dokumen RPJMDes. Melalui kegiatan PKM tersebut Pemeritah Desa Banaran dan Brosot berhasil menyusun dokumen RPJMDes tahun 2019-2024.

Keywords


Dana Desa; Kapasitas; Pemerintah Desa; RPJMDes



References

Ballew, J., & Mink, J. (2016). Case Management in Social Work, Developing The Professional Skills Needed For Work With Multiproblem Clients (4nd Edition). USA: Charles C. Thomas.

Eko, S. (2013). Pembaharuan Pemerintahan Desa. Yogyakarta: IRE Press.

Eko, S. (2015). Regulasi Baru, Desa Baru : Ide, Misi, dan Semangat UU Desa. Jakarta: Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Eko, S., Khasanah, TI., Widuri, D., Handayani, S., Handayani, N. (2014). Desa Membangun Indonesia. Yogyakarta: Forum Pengembangan dan Pembaharuan Desa.

Fajri, R., Setyowati, E., Siswidiyanto. (2016). Akuntabilitas Pemerintah Desa pada Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) (Studi pada Kantor Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 3(7), 1099-1104.

Indonesia, K. (2017). Buku Pintar Dana Desa. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia .

Malik , Z. (2009). Penaklukan Negara atas Rakyat, Studi Resistensi Petani Berbasis Religio Politik Santri terhadap Negaranisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Maschab, M. (2012). Pemerintahan Desa di Indonesia. Yogyakarta: Polgov FISIPOL UGM .

Pahlevi, I. (2017). Dana Desa dan Permasalahannya. Pusat Pengkajian Pengolahan Data dan Informasi (P3DI) Sekretariat Jenderal DPR RI , Vol. VII, No. 17/I/P3DI/September.

Rozaki, A., & Rinandari, H. (2014). Memperkuat Kapasitas Desa dalam Membangun Otonomi. Yogyakarta: IRE Press.

Sabtoni, A. (2015). Prakarsa Desentralisasi dan Otonomi Desa . Yogyakarta: IRE.

Sulistyani, A. (2018). Panduan RPJMDEs : Strategi Sukses Membangun Desa . Yogyakarta: Gaya Media.

Sulistyani, A. (2017). Panduan Praktikum Mata Kuliah Administrasi Publik Kontemporer, Analisis Isu: Administrasi Perencanaan Desa dan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014. Yogyakarta: Independent Generation.



DOI: https://doi.org/10.22146/jpkm.40683

Article Metrics

Abstract views : 215

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement)

ISSN (print) 2460-9447

ISSN (online) 2541-5883