METODE-METODE APA SAJA YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN MEDIA SOSIAL UNTUK KEPENTINGAN BISNIS?
Ambar Sari Dewi(1*)
(1) Departemen Sosiologi, Universitas Islam Negeri - Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Beragam penelitian telah membuktikan dampak media sosial terhadap penampilan dan kinerja dunia bisnis. Artikel ini mengkaji pemetaan teknik-teknik statistik yang pernah digunakan oleh kalangan bisnis dalam meneliti dampak media sosial. Kajian ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan yang meningkat dalam minat mengkaji pengaruh media sosial di dunia bisnis. Teknik yang dimodifikasikan yang selama ini dikenal sebagai generasi ketiga dari analisis regresi atau yang biasa disebut sebagai analisis sentimen juga menjadi kajian di dalam artikel ini. Berdasarkan seleksi atas beberapa artikel, kajian singkat ini menyimpulkan bahwa masa depan metode penelitian kuantitatif akan lebih banyak dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan Big Data dan kombinasi teknik-teknik statistik yang baru.
Keywords
Social media; big data; sentiment analysis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23526
Article Metrics
Abstract views : 19377 | views : 30432Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pemikiran Sosiologi
Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:
ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).