METODE-METODE APA SAJA YANG DIGUNAKAN DALAM PENELITIAN MEDIA SOSIAL UNTUK KEPENTINGAN BISNIS?

https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23526

Ambar Sari Dewi(1*)

(1) Departemen Sosiologi, Universitas Islam Negeri -­ Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Beragam penelitian telah membuktikan dampak media sosial terhadap penampilan dan kinerja dunia bisnis. Artikel ini mengkaji pemetaan teknik-teknik statistik yang pernah digunakan oleh kalangan bisnis dalam meneliti dampak media sosial. Kajian ini menunjukkan bahwa ada kecenderungan yang meningkat dalam minat mengkaji pengaruh media sosial di dunia bisnis. Teknik yang dimodifikasikan yang selama ini dikenal sebagai generasi ketiga dari analisis regresi atau yang biasa disebut sebagai analisis sentimen juga menjadi kajian di dalam artikel ini. Berdasarkan seleksi atas beberapa artikel, kajian singkat ini menyimpulkan bahwa masa depan metode penelitian kuantitatif akan lebih banyak dipengaruhi oleh meningkatnya penggunaan Big Data dan kombinasi teknik-teknik statistik yang baru.

Keywords


Social media; big data; sentiment analysis.

Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23526

Article Metrics

Abstract views : 18542 | views : 29862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pemikiran Sosiologi



Jurnal Pemikiran Sosiologi Indexed by:

Crossref Member Badge       

ISSN 2252-570X (Print), ISSN 2502-2059 (online).


free
web stats View my stats