Karakteristik Wisatawan Asia Timur yang Berkunjung ke Yogyakarta
Frida Anis Handayani(1*), Ayu Merlita Sari(2)
(1) Departemen Bahasa, Seni, dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi UGM
(2) Sekolah Vokasi UGM
(*) Corresponding Author
Abstract
Yogyakarta selain dikenal sebagai kota pendidikan, juga dikenal sebagai kota pariwisata. Dewasa ini, wisatawan mancanegara yang berkunjung ke DIY tidak hanya didominasi oleh wisatawan mancanegara dari Eropa, tetapi juga wisatawan dari negara di Asia Timur, khususnya wisatawan China, Korea Selatan, dan Jepang. Perlu diketahui, ketiga negara ini mempunyai karakter yang sangat mencintai budaya sendiri dan sulit untuk menerima budaya orang lain. Akan tetapi, meningkatnya jumlah kunjungan wisman dari Negara Asia timur ini mengindikasikan bahwa daya tarik wisata di DIY sudah bisa masuk dan diterima oleh pasar wisman Asia Timur. Dengan mengetahui karakteristik wisatawan Asia Timur, diharapkan ke depan dapat berguna bagi pengembangan pariwisata DIY khususnya untuk menarik wisman Asia Timur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada pemandu wisata berbahasa China, Korea, dan Jepang, wawancara, dan studi kepustakaan. Setelah itu, data dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, wisman Asia Timur yang berwisata ke DIY dalam rentang usia dewasa dan lansia. Mereka menyukai DIY karena keramahan penduduk dan daya tarik wisata budaya. Wisman Asia Timur banyak berkunjung pada musim liburan (peak season). Mereka mendapat rekomendasi dari teman atau agen perjalanan wisata dan melakukan perjalanan seorang diri atau bersama keluarga. Wisatawan merasa puas dengan akomodasi dan fasilitas yang disediakan. Namun, wisatawan juga menyampaikan beberapa keluhan, seperti mahalnya tiket masuk destinasi, masakan lokal yang kurang cocok, minim toilet bersih dan masih banyak sampah. Secara garis besar, DIY berpotensi besar menarik wisman dari Asia Timur karena DIY mempunyai warisan budaya dan alam yang otentik yang tidak dapat ditemukan di negara asal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, Bagina Syah, 2016, Strategi Pengembangan Fasilitas Guna Meningkatkan Daya Tarik Minat Wisatawan di Darajat Pass (Waterpark). Kecamatan Pasirwangi Kabupaten Garut, Bandung: UPI
Biro Pusat Statistik, 2018, Pariwisata DIY: Statistik Kepariwisataan
Nuraeni, Bellinda Sofia, 2014, Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjungan Wistawan Museum Ranggawarsita Semarang. Jurnal Bisnis Strategi Vol.23. No.1 Juli, Hal 1-20
Ramadhan, Abdurrahman Hikmah, Suryono, dkk 2015. Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.28, No.1 November 2015. Hal 1-7
Rosyidi, M.I 2018, The Caracteristics of Chinese Tourisr in Indonesia and its Performance in 2013-2017. Binus Business Review, Vol 9 No.2, Hal 145-152
Suryana, Abdurrahman Hikmah, Suryono dkk, 2015, Pengaruh City Branding Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Museum Ranggawarsita Semarang, Jurnal bisinis Strategi Vol.23 No.1 November 2015, Hal 1-7
Tanjungsari, Komang Ratih.2018. Karakteristik dan Persepsi Wisatawan Mancanegara di Kawasan Sanur dan Canggu, Bali. Jurnal Pariwisata Terapan, No.2, Vol.2, Hal 108-121
Yoga, I Made Sindhu, Putu Ratna Juwisata dkk, 2018, Clustering Rata-rata Tingkat Spending Money Berdasarkan Profil Geografis dan Preferensi Konsumsi Wisatawan Mncanegara di Kota Denpasar, Jurnal Imiah Manajemen & Bisnis, No.1, Vol.3, Hal 47-48
Cnbc Indonesia. Diakses pada tanggal 18 Oktober 2020, http://www.cnbcindonesia.com/market/awas-risiko-mengintai-pertumbuhan-ekonomi-asia-timur
The Korean Times. Diakses tanggal 19 Oktober 2020,
http://www.koreantimes.co.kr/www/news/opinon
Travel Detik.com, diakses tanggal 19 Oktober 2020,
https://travel.detik.com/travel-news/d-3700434/wisata-joglosemar-liburan-komplet-di-jawa
http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Korea_Selatan
http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_di_Jepang
http://www.berpendidikan.com/2019/07/sejarah-perkembangan-agama-buddha-di-asia-timur
http://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/19/08/29/pwzotj463-joglosemar-pariwisata-super-prioritas-yang-terintegrasi
http://visitingjogja.com diakses pada tanggal 18 Oktober 2020
DOI: https://doi.org/10.22146/jpt.64966
Article Metrics
Abstract views : 5454 | views : 5468Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Frida Anis Handayani; Ayu Merlita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pariwisata Terapan is published by Sekolah Vokasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia with registered number ISSN 2580-1031 (Print) and ISSN 2580-104x (Online). This website is licensed under a Creative Commons Attribute-ShareAlike 4.0 International License. Built on the Public Knowledge Project's OJS 2.4.8.1.
View My Stats =======