Prevalensi dan Evaluasi Kesesuaian Penggunaan Antibiotik pada Pasien dengan Infeksi Methicillin Resistant Staphylococcus Aureus di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v15i2.47911

Atik Nuryah(1), Nunung Yuniarti(2), Ika Puspitasari(3*)

(1) Magister Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi, UGM
(2) Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi, UGM
(3) Departemen Farmakologi dan Farmasi Klinik, Fakultas Farmasi, UGM
(*) Corresponding Author

Abstract


Methicillin Resistant Staphylococcus aureus (MRSA) menjadi masalah kesehatan terkini di dunia terkait angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi. Pola resistensi bakteri juga mengalami perubahan dari waktu ke waktu sehingga diperlukan data yang sistematis mengenai prevalensi dan pola kepekaan bakteri S. aureus untuk mencegah resistensi dan mendapatkan outcome klinik yang baik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui prevalensi MRSA dan kesesuaian penggunaan antibiotik terhadap outcome klinik pasien di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cohort study. Sebanyak 332 pasien yang terinfeksi S. aureus dan 31 pasien dengan infeksi MRSA untuk menentukan prevalensi MRSA, serta sebanyak 23 pasien untuk mengetahui hubungan kesesuaian penggunaan antibiotik terhadap outcome klinik pasien yang dianalisis dengan menggunakan Chi Square. Penelitian ini dilakukan di RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten secara retrospektif periode Januari 2015 - Desember 2018. Hasil prevalensi MRSA terus meningkat dari tahun 2015 hingga tahun 2018 yaitu 7,69%, 5,63%, 10,85%, dan 12,94%, sedangkan hasil analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara penggunaan antibiotik terhadap clinical outcome dan hasil analisis bivariat terhadap karakteristik pasien menunjukkan usia (p=0,825), jenis kelamin (p=0.144), ruang perawatan (p=0,130), infeksi penyerta (p=0,704), dan ruang perawatan (p=0,602) juga tidak memiliki hubungan bermakna terhadap clinical outcome pada pasien dengan infeksi MRSA di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Kata Kunci: kesesuaian antibiotik, MRSA, RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten


Keywords


Evaluasi kesesuaian penggunaan antibiotik; MRSA; RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten

Full Text:

PDF


References

Andreassen, A.E.S., Jacobsen, C.M., de Blasio, B., White, R., Kristiansen, I.S., dan Elstrøm, P., 2017. The impact of methicillin-resistant S. aureus on length of stay, readmissions and costs: a register based case-control study of patients hospitalized in Norway. Antimicrobial Resistance & Infection Control, 6: . Batabyal, B., Kundu, G.K.R., dan Biswas, S., 2012. Methicillin-Resistant Staphylococcus Aureus: A Brief Review 1: 7. Bhargava, D., Deshpande, A., Sreekumar, K., Koneru, G., dan Rastogi, S., 2013. Guidelines of the Infectious Diseases Society of America for the Treatment of Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus Infections: As Applied to Oral and Maxillofacial Clinical Practice. Journal of Maxillofacial and Oral Surgery, 12: 354–358. Erikawati, D., Santosaningsih, D., dan Santoso, S., 2016. Tingginya Prevalensi MRSA pada Isolat Klinik Periode 2010- 2014 di RSUD Dr. Saiful Anwar Malang, Indonesia. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29: 149–156. Hassoun, A., Linden, P.K., dan Friedman, B., 2017. Incidence, prevalence, and management of MRSA bacteremia across patient populations—a review of recent developments in MRSA management and treatment. Critical Care, 21: . Humphreys, H., Fitzpatick, F., dan Harvey, B.J., 2015. Gender Differences in Rates of Carriage and Bloodstream Infection Caused by Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus : Are They Real, Do They Matter and Why? Clinical Infectious Diseases, civ576. Jacobus, C.H., Lindsell, C.J., Leach, S.D., Fermann, G.J., Kressel, A.B., dan Rue, L.E., 2007. Prevalence and demographics of methicillin resistant Staphylococcus aureusin culturable skin and soft tissue infections in an urban emergency department. BMC Emergency Medicine, 7: . Vahdani, P., Saifi, M., Aslani, M.M., Asarian, A.A., dan Sharafi, K., 2004. Antibiotic Resistant Patterns in MRSA Isolates from Patients Admitted in ICU and Infectious Ward 3: 37–43. Ventola, C.L., n.d. The Antibiotic Resistance Crisis 7.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v15i2.47911

Article Metrics

Abstract views : 5830 | views : 19770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.