Perbedaan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Berdasarkan Keberadaan Apoteker di Kota Mataram
Aya Shaufia Itsnayain(1*), Satibi Satibi(2), Achmad Fudholi(3)
(1) Magister Manajemen Farmasi, Program Pascasarjana, Program Sudi Ilmu Farmasi, Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(2) Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(3) Fakulltas Famasi, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aspian, K., Robiyanto., Nurmainah., 2019, Keberadaan Tenaga Apoteker dan Evaluasi Pelaksanaan Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Wilayah Kota Pontianak, Jurnal Sains Farmasi dan Klinis, 06: 8. Chusna, N., Fetriana, T., dan Adawiyah, R., 2018, Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya, Borneo Journal of Pharmacy, 1: 89–92. Faridawaty, L., Ginting, M., dan Purnomo, D.S., 2019, The Level Of Patient Satisfaction To Pharmaceutical Services At Upt Sentosa Baru Health Center Of Medan Perjuangan Sub- District, Jurnal Dunia Farmasi, 3: 9. Hartawan, I.M.P.S., Lesmana, J., dan Putra, I.G.L., 2018, Analisis Kesenjangan Antara Kinerja dan Kepuasan Pasien pada Instalasi Farmasi Puskesmas Pagesangan Tahun 2017, Jurnal Ilmiah Tata Sejuta STIA Mataram, 4: 51–63. Hayaza, TH., 2013, Analisa Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan Kamar Obat di Puskesmas Surabaya Utara, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2 : 10. Kotler, P. dan Keller, K.L., 2007, Marketing Management Edisi 13, Prentice-Hall of India, 138-139. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia., 2019, Petunjuk Teknis Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta, 33. Larasanty, L.P.F., Cahyadi, M.F., Sudarni, N.M.R., dan Wirasuta, I.M.A.G., 2019, Patient satisfaction with pharmaceutical care services provided at primary-level and secondary-level health facilities in Indonesia’s health coverage system, Journal of Health Research, 33: 80–88. Lee, S., Godwin, O.P., Kim, K., dan Lee, E., 2015, Predictive Factors of Patient Satisfaction with Pharmacy Services in South Korea: A Cross-Sectional Study of National Level Data, Plos One, 10: 3. Nuswantari, M., Donawati, MW., 2013, Analisis Kepuasan Pelayanan Kefarmasian pada Pasien Jamkesma di Puskesmas Ngemplak 1 Sleman, Jurnal Penelitian, 16 :194. Parasuraman, A., Zeithalm, V., dan Berry, L., 1988, SERVQUAL: A Multiple Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality, Journal of Retailing, 64: 12–40. Wibowo, M.I.N.A., Kusuma, A.M., Kulsum, U., Diwanti, R.I.A., dan Dewi, R.K., 2016, Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kinerja Apoteker Puskesmas Di Tiga Kabupaten: Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap Tahun 2015, PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia (Pharmaceutical Journal of Indonesia), 13: 46-70.
DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v17i2.53832
Article Metrics
Abstract views : 1659 | views : 1906Refbacks
- There are currently no refbacks.