System Usability Scale Aplikasi PharmD: Prototype Dasboard Pengelolaan Persediaan Obat Di Puskesmas Kabupaten Bengkulu Selatan

https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v19i4.85301

Denny Astutiany(1*), Satibi Satibi(2), Lutfan Lazuardi(3)

(1) Magister Manajemen Farmasi, Faculty of Pharmacy, Gadjah Mada University
(2) Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada
(3) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada
(*) Corresponding Author

Abstract


PharmD adalah dasboard pengelolaan persediaan obat di puskesmas berbasis web online yang telah didesain dan dikembangkan berdasarkan 26 (dua puluh enam) indikator pengelolaan obat di puskesmas pada penelitian sebelumnya di beberapa puskesmas wilayah Yogyakarta. PharmD berfungsi sebagai dasboard kinerja pengelolaan obat untuk apoteker dipuskesmas dalam pengelolaan obat yang menjadi  salah satu faktor pendukung  didalam manajemen data, mempermudah dan mempercepat dalam pengelolaan obat sehingga meningkatkan mutu pelayanan kefarmasian dan pengambilan keputusan serta kebijakan yang strategis di puskesmas. Namun sebelum aplikasi ini diluncurkan atau digunakan perlu dilakukan usability yang berkelanjutan dan harus melihat kondisi existing diberbagai wilayah di Indonesia. Peneliti tertarik untuk melakukan ujicoba aplikasi PharmD dan mengukur tingkat usability di puskesmas wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan sehingga dapat melihat apakah aplikasi sudah dapat diterapkan disana. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif deskriptif dengan 16 responden yang telah dilakukan kriteria inklusi dan ekslusi pada 14 puskesmas yang dilakukan secara observasi terkait kesiapan ujicoba di wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan. Metode pengukuran usability menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS)  suatu uji yang dilakukan untuk meningkatkan kemudahan dalam pemakaian aplikasi secara menyeluruh dengan pengumpulan data menggunakan google form. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skor SUS yang diperoleh sebesar 64,8 dengan grade masuk dalam kategori C-, nilai adjective masuk kedalam “OK” (Netral) yaitu dapat berjalan dengan pengembangan, acceptable berada pada area marginal artinya cukup memuaskan, dan net promoter score masuk area passive. Hasil yang diperoleh menempatkan Aplikasi PharmD sebagai dasboard kinerja apoteker dalam pengelolaan obat masih bisa diterima oleh end user atau apoteker tetapi perbaikan masih tetap diperlukan untuk meningkatkan kepuasan pengguna sedangkan untuk kondisi existing kefarmasian diwilayah Kabupaten Bengkulu Selatan menunjukan hanya 42,8 % siap secara infrastruktur untuk menerapkan aplikasi PharmD berbasis web online dengan kendala akses internet, instalasi listrik dan ketersediaan perangkat sistem yang belum memadai.

 


Keywords


Usability; SUS; Puskesmas; Kefarmasian

Full Text:

PDF


References

Faradiba, Satibi, Lazuardi, L., 2023. Development of a Drug Management Performance Application: A Needs Assessment in Indonesia. hir 29, 103–111. https://doi.org/10.4258/hir.2023.29.2.103

Farzah, A., 2022. Analisa Usability Website BAKTI- Kemkominfo Menggunakan System Usability Scale 8.

Hussain, A., Mkpojiogu, E.O.C., 2015. THE EFFECT OF RESPONSIVE WEB DESIGN ON THE USER EXPERIENCE WITH LAPTOP AND SMARTPHONE DEVICES. Jurnal Teknologi 77.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia [WWW Document], n.d. URL https://www.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-publikasi-data-pusat-data-dan-informasi.html (accessed 5.26.23).

Kesuma, D.P., 2021. Penggunaan Metode System Usability Scale Untuk Mengukur Aspek Usability Pada Media Pembelajaran Daring di Universitas XYZ. JATISI 8, 1615–1626.

Permenkes Nomor 75 Tahun 2014.pdf, n.d. RKPD-Kabupaten-Bengkulu-Selatan-Tahun-2021. pdf, n.d.

Satibi, S., Rokhman, M.R., Aditama, H., 2019. Developing Consensus Indicators to Assess Pharmacy Service Quality at Primary Health Centres in Yogyakarta, Indonesia. Malays J Med Sci 26, 110–121.

Sistem Informasi Manajemen, n.d. Thenu, V.J., Sediyono, E., Purnami, C.T., 2016. Evaluasi Sistem Informasi Manajemen Puskesmas Guna Mendukung Penerapan Sikda Generik Menggunakan Metode Hot Fit Di Kabupaten Purworejo. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia 4, 129–138.

Yuliyana, T., Arthana, I., Agustini, K., 2019. Usability Testing pada Aplikasi POTWIS. JST (Jurnal Sains dan Teknologi) 8, 12.



DOI: https://doi.org/10.22146/farmaseutik.v19i4.85301

Article Metrics

Abstract views : 224 | views : 216

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Majalah Farmaseutik Indexed by:

   
 
Creative Commons Licence
 
 
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.