Pikiran Bawah Sadar Tokoh Utama Novel Aḍa‘tu Nafsī Karya Marwān Ismā‘īl: Analisis Psikologi Sastra

  • Pristitan Alken Setyo Irianti Sastra Arab, Universitas Gadjah Mada
  • Zulfa Purnamawati Departemen Bahasa dan Sastra, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Pikiran Bawah Sadar, Tokoh Utama, Aḍa‘tu Nafsī, Psikologi Sastra

Abstract

Saat ini subjek psikologi tengah menjadi isu yang sedang ramai dibincangkan dan dianggap penting bagi masyarakat. Hal tersebut menjadikan banyaknya karya sastra yang bermunculan dengan mengangkat isu psikologi. Dalam konsep psikologi, kehidupan manusia tidak terlepas dari pikiran bawah sadarnya. Bahkan, pikiran bawah sadar dianggap memiliki peran dalam perilaku seseorang. Dalam hal ini, dalam novel Aḍa‘tu Nafsī karya Marwān Ismā‘īl ditemukan adanya peristiwa pikiran bawah sadar yang terjadi pada tokoh utamanya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah mengungkap pikiran bawah sadar tokoh utama novel Aḍa‘tu Nafsī karya Marwān Ismā‘īl dalam ketidaksadarannya berupa keadaan koma. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikoanalisis Sigmund Freud dan teori struktural sebagai teori bantu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh utama pada novel tersebut adalah Aḥmad Faḥmī yang merupakan seorang mahasiswa yang mengalami kecelakaan dan mengharuskannya melewati keadaan koma. Dalam keadaan tersebut, muncul pikiran bawah sadar yang terjadi tidak lepas sebagai akibat dari konflik yang terjadi pada dirinya sendiri ketika dalam kesadarannya. Peristiwa pikiran bawah sadar Aḥmad dalam keadaan koma condong mengikuti idnya sehingga memunculkan pikiran bawah sadar berupa: perasaan bersalah, kecemasan terhadap masa depan, dan hasrat seksual yang terpendam. Adapun bentuk mekanisme pertahanan yang dilakukan Aḥmad, yaitu berupa pengalihan, substitusi (pergantian), dan represi yang paling dominan. Dengan demikian, peristiwa yang muncul pada pikiran bawah sadar tokoh utama merupakan pengaruh dari segala perasaan yang dipendam ketika sadar.

References

Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Semarang: Unesa University Press.

Allen, R. (2012). Pengantar Kajian Novel Arab. Yogyakarta: Era Baru Pressindo.

Ayomi, J. J. & Ediyono, S. (2023). “Psikoanalisis; Pikiran Bawah Sadar Manusia menurut Filsafat”. Dalam Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/ 366894883. Diakses pada 21 April 2023 pukul 13.36 WIB.

Budiantoro, W. & Mardianto, W. (2016). Aplikasi Teori Psikologi Sastra. Bogor: Penerbit Kaldera (Kaldera Institute).

Chumalasari, D. (2016). “Tokoh Utama Novel Ḥikāyatu Ḥubbin Karya Gāzī ‘Abdu Ar-Raḥman Al-Qaṣaibī: Analisis Psikologi Sastra Sigmund Freud”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Endraswara, S. (2008). Metode Penelitian Psikologi Sastra: Teori, Langkah, dan Penerapannya. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

GooglePlayStore. (2022). “Marawan Ismail” dalam GooglePlayStore. https://play.google.com/store/books/details/Marawan_Ismail. Diakses pada 10 Februari 2023 pukul 21.45

Jarvis, M. (2009). Teori-Teori Psikologi: Pendekatan Modern untuk Memahami Perilaku, Perasaan, dan Pikiran Manusia. Bandung: Nusa Media.

Mahliatussikah, H. (2016). “Analisis Kisah Nabi Yusuf dalam Al-Quran melalui Pendekatan Interdisipliner Psikologi Sastra. Arabi”. Journal of Arabic Studies, 1(2), 76-89.

Marwān, I. (2022). “Aḍa‘tu Nafsī”. Dalam Noor-Book.com. https://www.noor-book.com/. https://www.noor-book.com/-kitābu-ar-riwāyatu-aḍa‘tunafsī-. Diakses pada 04 April 2022 15.15 WIB.

Minderop, A. (2018). Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Musonif, M. Z. (2021). “Kondisi Psikologis Tokoh Utama Novel Wadda‘tu Āmālī Karya Samīrah Bintu Al-Jazīrati Al-‘Arabiyyati: Analisis Psikologi Sastra”. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Olson, M. H., & Hergenhahn, B. R. (2013). Pengantar Teori-Teori Kepribadian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purnamawati, Z. (2017). “Interpretasi Ketaksadaran pada Tokoh Utama dalam Novel Al-Fīl Al-Azraq karya Aḥmad Murād: Analisis Psikologi Sastra” dalam Kajian Bahasa dan Sastra Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Siswantoro. (2005). Metode Penelitian Sastra: Analisis Psikologis. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Stanton, R. (2019). Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suranata. K. (2020). “Hypnosis: Metode Memberdayakan Pikiran Bawah Sadar Mencapai Produktifitas”. Dalam Fip.undiksha.ac.id. https://fip.undiksha.ac.id/ hypnosis-metode-memberdayakan-pikiran-bawah-sadar-mencapai-produktifitas-2/. Diakses pada 21 April 2023 pukul 13.25 WIB.

Teeuw, A. (2013). Sastra dan Ilmu Sastra: Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wiyatmi. (2011). Psikologi Sastra. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Published
2024-07-31
How to Cite
Irianti, P. A. S., & Purnamawati, Z. (2024). Pikiran Bawah Sadar Tokoh Utama Novel Aḍa‘tu Nafsī Karya Marwān Ismā‘īl: Analisis Psikologi Sastra. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 3(1), 1-20. https://doi.org/10.22146/mecri.v3i1.12395