Resepsi Penonton Terkait Konflik Israel-Palestina Dalam Film Omar Karya Hany Abu Assad
Abstract
Konflik Israel-Palestina sampai sekarang masih menjadi sorotan internasional. Media, termasuk film, dapat mempengaruhi dan menggiring persepsi penonton terhadap konflik Israel-Palestina. Demikian halnya dengan penggambaran yang disuguhkan melalui film Omar. Film ini membahas mengenai kehidupan kedua kelompok masyarakat ketika terjadinya konflik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan resepsi penonton terkait konflik Israel-Palestina dalam film Omar. Dengan demikian, akan diuraikan deskripsi respons penonton terhadap representasi dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah teknik kuesioner mencakup data berupa respons penonton. Analisis dilakukan menggunakan teknik resepsi sastra untuk menganalisis respons penonton. Hasil penelitian ini adalah penonton diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu superreader yang mempunyai pengalaman di bidang teater, informed reader yang telah berinteraksi dengan masyarakat Mesir sehingga ia memiliki informasi mengenai konflik Israel-Palestina, dan awam yang tidak mempunyai pengalaman seperti superreader dan informed reader. Responden superreader memandang bahwa film Omar merupakan film yang tidak memperlihatkan keberpihakannya baik itu pihak Israel ataupun Palestina meskipun sutradara dari film tersebut merupakan warga Palestina. Responden informed reader memandang bahwa film Omar merupakan film yang berpihak kepada Palestina, dan responden awam memandang bahwa film Omar tidak menunjukkan keberpihakkannya dalam keberjalanan ceritanya baik itu pihak Israel maupun pihak Palestina.
References
Andari Wulan Nugrahani (2024). “8 Fakta Pembantaian di Rafah, Jumlah Korban hingga Komentar PM Benjamin Netanyahu”. Dalam Tribunnews.com. https://www.tribunnews.com/internasional/2024/05/29/8-fakta-pembantaian-di-rafah-jumlah-korban-hingga-komentar-pm-benjamin-netanyahu?page=all Diakses tanggal 8 Juni 2024.
Anwar, E. A. & Hidayati, T. Y. N. (2024). Fakta Kemanusiaan, Subjek Kolektif, dan Pandangan Dunia dalam Film ‘A̅shifah Ramliyyah Karya Elite Zexer. Middle Eastern Culture & Religion Issues Journal, 3(1), 63. https://jurnal.ugm.ac.id/v3/MECRI/article/view/14205
Dubai International Film Festival (2013). Best Film Feature: Omar. https://www.imdb.com/event/ev0001565/2013/1/ Diakses tanggal 21 November 2023
Endraswara, Suwardi (2013). Metodologi Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.
Susanto, A. (1982). Komunikasi Massa. Bandung: Bina Cipta.
Tambunan, D. A. (2020). Analisis Resepsi Sastra Film Ajari Aku Islam. Skripsi. Fakultas Ilmu Budaya. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Winartha, I. M. 2006. Pedoman Penelitian Usulan Penelitian, Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Andi.
Wulandari (2023). Sejarah Tragedi Yom Kippur 1973, Perang Pertama Israel. https://tirto.id/fakta-fakta-perang-yom-kippur-1973-sejarah-dan-penyebabnya-gQT3 Diakses tanggal 9 Juni 2024
Yuliana, Y., Malik, A., & Pujiastuti, I. 2020. Resepsi Sastra terhadap Film Dua Garis Biru Karya Gina S. Noer. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 235-241. http://repositori.umrah.ac.id/1460/
Yulius Brahmantya Priambada (2024). Jalan Panjang Menyingkap Kejahatan Genosida Israel terhadap Palestina. Dalam kompas.id.com. https://www.kompas.id/baca/riset/2024/01/13/jalan-panjang-menyingkap-kejahatan-genosida-israel-terhadap-palestina.
Diakses tanggal 9 Juni 2024
Copyright (c) 2024 Middle Eastern Culture & Religion Issues
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
By publishing with this journal, the author(s) agree to hand over the copyright holder to this journal under the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.