Depresi Berat Tokoh Utama Dalam Novel Al-Jāḥid Karya Al-Ḥasan Al-Bukhārī: Analisis Psikologi Sastra

  • Lia Salma Badi'ah
Keywords: depresi berat, tokoh utama, kekecewaan, Al-Jāḥid, psikologi sastra

Abstract

Penelitian depresi berat tokoh utama novel al-Jāḥid Karya al-Ḥasan al-Bukhārī ini bertujuan untuk mengungkap depresi berat yang dialami oleh tokoh utama meliputi simtom-simtom dan penyebabnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori psikologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode analisis psikologi sastra. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa tokoh utama novel al-Jāḥid Karya al-Ḥasan al-Bukhārī adalah Hadi, seorang laki-laki yang memiliki masa lalu yang menyedihkan karena tinggal di panti asuhan, berkepribadian introvert, dan pesimistis. Dari berbagai peristiwa tersebut, muncul simtom-simtom depresi berat pada diri Hadi. Terdapat tujuh simtom major depressive episode pada diri Hadi dan muncul lebih dari dua minggu sehingga ia terdiagnosis depresi berat. Tujuh simtom tersebut yaitu, simtom mood depresi, penurunan ketertarikan dan kesenangan, gangguan pola makan, insomnia atau hipersomnia, peningkatan atau penurunan gerak, perasaan tidak berharga atau bersalah, serta pemikiran bunuh diri. Penyebab munculnya simtom-simtom tersebut adalah adanya ketidakseimbangan antara id, ego, dan superego pada diri Hadi. Ego Hadi terus menuruti impuls id dan superego tidak bekerja merintangi impuls id. Ego melakukan berbagai mekanisme pertahanan untuk mereduksi tegangan id, yaitu pembentukan reaksi (reaction formation), reaksi agresi (aggressive reaction), dan asketisme atau menolak segala kebutuhan.

References

Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian (Edisi Revisi). Malang. UMM Press.

Anggraini, Ria. 2017. Gejolak Batin Tokoh Utama dalam Novel Fī Qalbī Unṡā ‘Ibriyyah Karya Khaulah Ḥamdī: Pendekatan Psikologi Sastra. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Budiraharjo, Paulus. 2001. Mengenal Teori Kepribadian Mutakhir. Yogyakarta: Kanisius.

Al-Bukhārī, Al-Ḥasan. 2015. Al-Jāḥid. Mesir: Dārun Majarratun.

Endraswara, Suwardi. 2013. Teori Kritik Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Hikmah, Nurul. 2017. Kondisi Psikologis Tokoh Utama Cerpen Lan Atakallama wa Lan Ansā dalam Antologi Cerpen Al-Hazīmah Kāna Ismuhā Fāṭimah Karya Iḥsān ‘Abdul-Quddūs: Analisis Psikologi Sastra. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Lubis, Namora Lumongga. 2016. Depresi Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana.

Maslim, Rusdi. 2013. Buku Saku Diagnosis Gangguan Jiwa. Jakarta: Nuh Jaya.

Menteri Agama dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 1987. Pedoman Transliterasi Arab-Latin. Jakarta: Keputusan Bersama Menteri Agama RI No. 158/1987 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori, dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulfatik, Alfiatin. 2016. Kondisi Psikologis Tokoh Utama Cerpen Al-Ḥażīmah dalam Antologi Cerpen ‘Ulbatun min aṣ-Ṣafiḥ Karya Iḥsān ‘Abdul-Quddūs: Analisis Psikologi Sastra. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Munawwir, Ahmad Warson. 1997. Kamus Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif.

Nurgiyantoro, Burhan.. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizky, Muhammad. 2016. Kondisi Psikologis Tokoh Utama Cerpen Lā Tażbaḥul-Firākh Karya Iḥsān ‘Abdul-Quddūs: Analisis Psikologi Sastra. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra; Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sarwono, S. W. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka

Semi, Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Semiun, Yustinus. 2006. Teori Kepribadian & Terapi Psikoanalitik Freud. Yogyakarta: Kanisius.

Semiun, Yustinus. 2010. Kesehatan Mental 2. Yogyakarta: Kanisius.

Stanton, Robert. 2007. Introduction to Fiction. Diterjemahkan oleh Sugihastuti dan Rossi Abi Al-Irsyad. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjiman, Panuti. 1988. Memahami Cerita Rekaan. Jakarta: Pustaka Djaya.

Teeuw, A. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra:Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wawancara Al-Bukhārī, Facebook, ¬3-5 November 2018.

Zaviera, Ferdinand. 2017. Teori Kepribadian Sigmund Freud. Yogyakarta: Ar-ruzz.

Sumber Internet:

Emad, Madonna. 2016. https://lite.almasryalyoum.com/lists/85737/ diakses pada 14 November 2019 pukul 10:00 WIB.

Anonim. 2018. https://www.sa7eralkutub.com//رواية-الجاحد-الحسن-البخارى diakses pada 14 November 2019 pukul 10:30 WIB.

Published
2022-12-30
How to Cite
Badi’ah, L. S. (2022). Depresi Berat Tokoh Utama Dalam Novel Al-Jāḥid Karya Al-Ḥasan Al-Bukhārī: Analisis Psikologi Sastra. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 1(2), 133-159. https://doi.org/10.22146/mecri.v1i2.5923