Penanda Afiks Pada Verba dan Nomina Bahasa Arab Fusha dan Dialek Qatar Dalam Lagu Dreamers Oleh Fahad Al Kubaisi: Analisis Kontrastif

  • Muhammad Fauzan Aziman Kajian Budaya Timur Tengah, Universitas Gadjah Mada
Keywords: Analisis Kontrastif, Morfologi Afiks, Dialek, Dreamers, Lagu

Abstract

Secara umum bahasa Arab formal atau yang disebut bahasa Fusha adalah bahasa yang selalu dipelajari dan digunakan dalam dunia pendidikan. Secara umum lagu Arab dinyanyikan menggunakan bahasa Arab Modern (amiyah). Pada lagu dreamers yang merupakan soundtrack resmi piala dunia FIFA 2022 terdapat bagian yang dinyanyikan oleh Fahad Al Kubaisi, seorang penyanyi Qatar. Uniknya lirik lagu ini menggunakan bahasa Arab Fusha, akan tetapi dinyanyikan dengan dialek Qatar yang menjadikannya sulit dipahami sebagian orang. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mendengarkan kemudian menulis lirik lagu yang dinyanyikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kontrastif. Studi kontrastif digunakan untuk mengetahui perbedaan yang mencolok dari kedua bahasa tersebut. Ditinjau dari paradigma ilmu morfologi, hasil yang didapatkan bahwa terjadi perubahan pada penandaan afiks baik dalam verba ataupun nomina yang terdapat pada lirik lagu. Afiks dibedakan menjadi beberapa macam dari segi posisinya, diantaranya (1) prefiks, (2) infiks, dan (3) sufiks. Dalam tataran verba dialek Qatar yang terdapat pada lirik lagu ini, penandaan afiks pada modus seperti indikatif, subjungtif, dan jusif, begitupun penandaan nominatif, genitif, dan akusatif pada kasus nomina tidak dapat diketahui tanda dan ciri khasnya. Hal inilah yang melatar belakangi perbedaan kontras dari kedua bahasa tersebut.

References

Asti, Intan Izzah Dwi (2016). Analisis kontrastif dialek Amiyah Mesir dan bahasa Fusha dalam album lagu Ya Tabtab Wa Dalla (YTWD) karya Nancy Ajram. Skripsi. Universitas Negeri Malang.

I.M., Thoyib (2019). Fonologi Bahasa Arab: Struktur Bahasa Arab Modern. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Jamilah, Mimi (2020). Analisis Kontrastif Morfologi Infleksi dalam Bahasa Arab Dengan Bahasa Indonesia: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Volume 3, Nomor 2, Desember 2020.

Nandang, Ade dan Abdul Kosim (2018). Pengantar Linguistik Arab. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Nur, Tajudin (2016). Analisis Kontrastif Dalam Studi Bahasa: Journal of Arabic Studies.

Nur, Tajudin (2019). Morfologi Bahasa Arab: Tinjauan Deskriptif. Bandung: Unpad Press.

Nur, Tajudin (2018). Sintaksis Bahasa Arab: Kata, Frasa, Klausa, Kalimat, Kepusatan Verba. Bandung: Unpad Press.

Taufiqurrochman, H.R. (2008). Leksikologi Bahasa Arab. Malang: UIN-MALANG PRESS.

Verhaar, J.W.M. (2010). Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Zuhriyah, Lailatul. Ahmad Sholihuddin, dan Muhammad Thohir (2018). Proses Afiksasi Morfologi Ism (Nomina) Dalam Bahasa Arab: Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan KebahasaAraban.

Published
2022-12-30
How to Cite
Fauzan Aziman, M. (2022). Penanda Afiks Pada Verba dan Nomina Bahasa Arab Fusha dan Dialek Qatar Dalam Lagu Dreamers Oleh Fahad Al Kubaisi: Analisis Kontrastif. Middle Eastern Culture & Religion Issues, 1(2), 181-197. https://doi.org/10.22146/mecri.v1i2.6451