Posisi Subjek Tokoh Bahiyah Dalam Novel Imra`Atāni Fī Imra`Atin Karya Nawāl Al-Saʻdāwī: Kajian Subjektivitas Slavoj Zizek

  • Aneka Riyada Kusuma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai posisi subjek tokoh Bahiyah dalam novel Imra`atāni fī Imra`atin karya Nawāl Al-Saʻdāwī yang dianalisis menggunakan teori Slavoj Zizek. Konsep The Real yang dikenalkan oleh Zizek merupakan refleksi dari konsep pembentukan subjek yang dikemukakan oleh Lacan yang terdiri dari tiga tonggak utama yaitu riil atau nyata (the Real), simbolik (the Symbolic), dan imajiner (the Imaginary). Proses untuk menuju the Real atau yang Nyata tersebut mendorong subjek untuk melakukan sesuatu yang dapat menjadikannya keluar atau melampaui tatanan simbolik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa tokoh Bahiyah direpresentasikan sebagai subjek yang terjerat dalam tatanan-tatanan simbolik berupa familialisme, humanisme, dan patriarki, dan dia berupaya untuk keluar dari tatanan tersebut. Bahiyah terus berupaya menuju yang Riil dengan menegasikan aturan-aturan ataupun norma-norma yang mengikatnya, dia juga membuat jarak dengan yang Simbolik. Dalam upayanya, dia tidak bisa sepenuhnya keluar dari tatanan simbolik, karena dia masuk kembali ke tatanan simbolik yang baru.

References

Abidin, Zainal. (2001). Filsafat Manusia. Bandung: Rosdakarya

Afdholi, N dan Tjahjono, T. Menghalau Domestifikasi dan Feodalisme: Daya Subjektivitas Nh. Dini dalam Novel Jalan Bandungan. Jurnal Puitika. 16(1)

Akmal, Ramayda. (2012). Subjektivitas Pramoedya Ananta Tour dengan Novel Perburuan: Pendekatan Psikoanalisis Historis Slavoj Zizek. Tesis. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Al-Saʻdāwi, Nawāl. (1971). Imra`atāni fī Imra`atin. Kairo: Dār Al-Adab.

--------------,---------. (2001). Perempuan dalam Budaya Patriarki. Diterjemahkan oleh Zulhilmiyasri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cooke, Miriam. (2016). Nawal el Saadawi: Writer and Revolutionary. Cambridge: Cambridge University Press.

Holis, N., & Salam, A. (2019). Posisi Subjek Tokoh Skeeter dalam Filem The Help (2011) Karya Tate Taylor: Kajian Subjektivasi Slavoj Žižek. Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 14(4), 523-535.

Myers, Tony. (2003). Slavoj Zizek.New York: Routledge

Priyanggono, N. B. (2022). Subjektivitas Tokoh Utama dalam Film Get Out Karya Jordan Peele: Kajian Teori Subjek Slavoj Zizek. SAPALA. 9(1).

Robert, Robertus. (2010). Manusia Politik: Subyek Radikal dan Politik Emansipasi di Era Kapitalisme Global menurut Slavoj Zizek. Tangerang: Margin Kiri

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra:Pendekatan, Teori,Metode,Teknik dan Kiat. Cetakan ketiga. Yogyakarta: Seksi Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya UGM.

Semi, M. Atar. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Nuansa.

Setiawan, Rahmat. (2016). Membaca Kritik Slavoj Zizek-Sebuah Penjelajahan Awal: Kritik Sastra Kontemporer. Surabaya

Sumbulah, Umi. (2008). Spektrum Gender, Kilasan Inklusi Gender di Perguruan Tinggi. Malang: UIN Malang Press

Wirdhana, Indra, dkk. (2013). Delapan Fungsi Keluarga. Jakarta: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.

Zizek, Slavoj. (1992). Enjoy Your Symptom: Jacques Lacan in Hollywood and Out. New York: Routledge

-------,----------. (1998). Psychoanalysis in Post-Marxism: The Case of Alain Badiou in The South Atlantic Quarterly. 97(2)

-------,----------.. (2008). The Sublime Object of Idealogy. New York: Verso

DAFTAR LAMAN

‘Aqīl, Hannān. (2019). Unṡā Ḍiddu Al-Unūṡah: Qirā’ah Georges Tarabishi li Adabi Nawāl Al-Saʻdāwī. Anapress. http://anapress.net/a/26336521834599. Diakses pada 10 Desember 2022.

Marzūki, Masʽūdah . (2017). Al-Riwāyah Al-Nisāiyyah fī Ru’yati Georges Tarabishi Al-Sīkūlūjiyyah. Univ Soukaheaz. http://www.univ-soukahras.dz/en/publication/article/1351. Diakses pada 10 Desember 2022.

Nkleah, Naomi. (2013). The Multiple Faces of Patriarchy: Nawal el-Saadawi’s Two women in One as a Critique of Muslim Culture. Journalhostling. https://journalhosting.ucalgary.ca/index.php/ariel/article/view/35301. Diakses pada 10 Desember 2022.

Rāḥīl, Nāhid. (2019). Sirāʽu Żiddi Al-Qadari Al-Biyūlūjī am Żiddi Al-Muḥaddadi Al-Ijtimāʽī . Al-Jadeed. https://aljadeedmagazine.com/. Diakses pada 10 Desember 2022

Published
2023-07-31
How to Cite
Kusuma, A. R. (2023). Posisi Subjek Tokoh Bahiyah Dalam Novel Imra`Atāni Fī Imra`Atin Karya Nawāl Al-Saʻdāwī: Kajian Subjektivitas Slavoj Zizek . Middle Eastern Culture & Religion Issues, 2(1), 72-98. https://doi.org/10.22146/mecri.v2i1.6751