Main Article Content

Abstract

Diabetes mellitus pada kehamilan (Gestational diabetes mellitus/GDM) adalah intoleransi glukosa yang ditemukan pertama kali pada masa kehamilan dan sering menimbulkan komplikasi pada ibu yang mengandung maupun janin yang dikandung. Beberapa organ pada GDM mengalami perubahan struktur dan perubahan fungsi termasuk disfungsi endotel mikrosirkulasi dan makrosirkulasi fetoplasenta. Endotelderived Relaxing Factors (EDRF) khususnya prostasiklin dan nitrik oksida berperan penting dalam mengontrol sirkulasi fetoplasental. Endotel pembuluh darah pasien GDM mengalami disfungsi, yang menyebabkan sintesis dan pelepasan prostasiklin dan nitrik oksida (NO) mengalami gangguan sehingga tonus arteri meningkat. Peningkatan tonus arteri yang menuju uterus akan menurunkan aliran darah uteroplasenta dan akhirnya menurunkan umbilical blood fl ow (UmBF). Endotel pembuluh darah merupakan target utama dari stress oksidatif. Sintesa NO merupakan mekanisme penting yang mendasari perubahan pembuluh darah sistemik dan pembuluh darah uterin selama kehamilan.
Beberapa penelitian membuktikan peranan NO dan ADMA pada kehamilan normal dan insufi ensi plasenta. Dengan berkembangnya pengetahuan akan mekanisme gangguan jalur ADMA-NO, pilihan tambahan untuk intervensi terapetik akan dapat ditemukan. Tatalaksana GDM secara umum adalah dengan pengaturan diet, latihan fisik selama tidak ada kontraindikasi, pengawasan dan kontrol gula darah, dan terapi farmakologi.
Berbagai penelitian lain terus berusaha menemukan terapi-terapi baru untuk memperbaiki endotel dan sirkulasi uteroplasenta pada pasien GDM.

Keywords

Diabetes mellitus gestasional endotel sirkulasi uteroplasenta

Article Details

Author Biographies

Isngadi, RSUD dr. Saiful Anwar Malang

  1. Staff Fungsional Bagian Anestesiologi dan Terapi Intensif Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya/RSUD dr. Saiful Anwar Malang
  2. Peserta Didik Program Pendidikan Dokter Subspesialis Konsultan Anestesi Obstetri
    Bagian/SMFAnestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM/RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Yusmein Uyun, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Staff Pengajar Program Pendidikan Dokter Subspesialis Konsultan Anestesi Obstetri
Bagian/SMFAnestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM/RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Sri Rahardjo, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Staff Pengajar Program Pendidikan Dokter Subspesialis Konsultan Anestesi Obstetri
Bagian/SMFAnestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM/RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

How to Cite
Isngadi, Uyun, Y., & Rahardjo, S. (2023). Pengaruh Diabetes Mellitus Gestasional Terhadap Sirkulasi Uteroplasenta. Jurnal Komplikasi Anestesi, 2(1), 73-85. https://doi.org/10.22146/jka.v2i1.7198