Main Article Content

Abstract

Pada tahun 1997 di Amerika, setidaknya > 70.000 prosedur operasi jantung dilakukan tiap tahunnya, dan lebih dari 60.000 diantaranya adalah operasi coronary artery bypass grafting (CABG). Pembiusan pada operasi jantung merupakan suatu hal yang menarik sekaligus menantang bagi seorang ahli anestesi. Salah satu prinsip dasar dalam tindakan anestesi bedah revaskularisasi jantung adalah menjaga keseimbangan dua faktor penting, yakni menjaga pasokan suplai oksigen, dan menurunkan kebutuhan / demand oksigen. Persiapan pembiusan pada operasi jantung harus dilakukan dengan matang, mulai dari persiapan premedikasi, pilihan obat yang harus diberikan atau dihentikan, persiapan monitor baik invasif maupun non invasif. Induksi dilakukan dengan pengawasan monitor dan gejolak hemodinamik yang signifikan sebisa mungkin dihindari dengan pemilihan obat dan penyesuaian terhadap pasien. Setelah teranestesi, pasien yang mengalami prosedur opersi revaskularisasi koroner konvensional harus mengalami proses shunting aliran darah dengan alat cardiopulmonary bypass (CPB) yang bertujuan agar aliran darah dari seluruh tubuh tidak melewati aliran jantung paru. Menjelang operasi selesai, penyapihan CPB perlu dilakukan agar mendapatkan hasil postoperasi yang baik. Beberapa teknik dikembangkan untuk mengurangi lama waktu rawat operasi jantung koroner, yakni teknik fastrack dan offpump coronary artery bypass (OPCAB).

Keywords

coronary artery bypass graft (CABG) revaskularisasi miokardium cardiopulmonary bypass (CPB) anestesi operasi jantung fasttrack offpump coronary artery bypass (OPCAB)

Article Details

Author Biographies

Subhan yudihart, Fakultas Kedokteran UGM

Peserta PPDS I Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM / RSUP Dr. Sardjito

Bhirowo Yudo Pratomo, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM / RSUP Dr. Sardjito

Juni Kurniawaty, RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta

Konsultan Anestesiologi dan Terapi Intensif FK UGM / RSUP Dr. Sardjito

How to Cite
yudihart, S., Pratomo, B. Y., & Kurniawaty, J. (2023). MANAJEMEN ANESTESI PADA OPERASI REVASKULARISASI MIOKARDIUM. Jurnal Komplikasi Anestesi, 4(3), 91-108. https://doi.org/10.22146/jka.v4i3.7308

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2