Ide-ide Pokok dalam Filsafat Sejarah

https://doi.org/10.22146/jf.3099

Misnal Munir(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Filsafat sejarah spekulatif yang dikemukakan oleh para filosof filsafat sejarah telah mempengaruhi perkembangan cara berpikir manusia modern. Khususnya di Barat, pemikiran filsafat sejarah telah mempengaruhi cara berpikir manusia memahami masa lampau, masa kini, dan masa depan.

Penelitian ini merupakan studi kepustakaan dengan memakai metode “hermeneutik filsafati”, dengan unsur-unsur seperti; deskripsi, interpretasi, dan komparasi.

Berdasarkan hasil penelitian, ada empat ide pokok dalam filsafat sejarah, yaitu, ide tentang kemajuan, ide tentang waktu, ide tentang kebebasan, dan ide tentang makna masa depan. Ide tentang kemajuan merupakan ide yang mendorong perubahan sejarah kemanusiaan ke arah yang lebih baik. Ide tentang waktu merupakan ide yang menggugah manusia untuk memahami sejarah dalam dimensi masa lampau, masa kini, dan masa depan. Ide tentang kebebasan memberikan pilihan bagi manusia untuk menentukan arah masa depannya. Ide tentang makna masa depan memberikan pemahaman kepada manusia tentang adanya harapan di waktu yang akan datang.  

Kata kunci: kemajuan, waktu, kebebasan, masa depan.


Full Text:

PDF



DOI: https://doi.org/10.22146/jf.3099

Article Metrics

Abstract views : 18634 | views : 11214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c)

Jurnal Filsafat Indexed by:

Google ScholarSinta (Science and Technology Index)


Jurnal Filsafat ISSN 0853-1870 (print), ISSN 2528-6811 (online)