The Effects of new T cell line derived lymphokines on B cell activation



Sofia Mubarika Haryana Sofia Mubarika Haryana(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Telah diketahui bahwa untuk aktivasi limfosit B diperlukan faktor pertumbuhan yang disebut limfokin atau sitokin. Banyak bukti menunjukkan bahwa limfosit T yang teraktivasi menghasilkan substansi yang dapat memacu proliferasi atau diferensiasi limfosit B. Dewasa ini telah dapat diidentifikasi berbagai limfokin yang disebut sebagai interleukin (IL) seperti IL-2, IL-3, IL-4, IL-5, IL-6 dan IL-7 yang ikut berperan dalam aktivasi sel B. Namun, mekanisme aktivasi sel B oleh limfokin sampai sekarang masih terus berkembang dan dipelajari. Untuk dapat lebih memahami aktivasi sel B, dalam penelitian ini telah dilakukan pembuatan suatu T cell line, dan telah dikarakterisasi, yakni menunjukkan fenotipe Thyl+, Lyt1+2+, Dalam penelitian ini berbagai aktivator poliklonal lipopolysaccharide (LPS), ConA, dextran sulfat dipakai untuk memacu T cell line menghasilkan limfokin. Aktivitas limfokin pada supernatannya kemudian dianalisis dengan menggunakan blastogenesis assay dengan 3H-thymidine dan hemolytic plaque assay.
Hash penelitian menunjukkan bahwa T cell line menghasilkan faktor pertumbuhan yang memacu proliferasi sel B (B cell growth factor II = BCGF II atau IL-5) dan faktor yang memacu sel B untuk berdiferensiasi (B cell differentiating factor = BCDF atau IL- 6) dan 
menghasilkan igM dan IgG.

Key words : blastogenesis assay -- hemolitic plaque assay -- B cell activation -- T cell line -- lymphokines





Article Metrics

Abstract views : 417 | views : 273




Copyright (c)



View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.