The Impact of Brain Technology on Mankind'



Soedjono Aswin Soedjono Aswin(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Pemahaman dan penguasaan manusia atas proses-proses dan hukum-hukum lisis dan kimiawi, serta dasar-dasar biokimiawi dan biolisis proses-proses kehidupan, memberinya kemampuan yang seolah-olah tidak terbatas untuk memodifikasi gena, pikiran, emosi dan perilaku manusia. Perkembangan dan kecenderungan teknologi otak pada saat ini telah membangkitkan perhatian dan sekaligus kecemasan. Kemungkinan penerapan praktis teknologi otak dalam menanggulangi berbagai masalah klinis dan sosial senautiasa dilekati oleh dampak medic, hukum, etis dan sosial, baik positif maupun negatif.
Teknologi otak memberi manusia kemampuan dan potensi untuk mengubah perilaku manusia dan keberadaannya di muka bumi ini, potensi merekayasa speciesnya sendiri, karena teknologi otak dapat dirancang untuk memodifikasi sifat-sifat dasar manusia. Dengan teknologi otak ini, di tangan manusia terletak kemampuan menembus, menyelidiki dan bahkan mengendalikan berbagai mekanisme pengendalian yang terdapat di dalam otaknya sendiri. Walaupun demikian, apa yang dapat dilakukan manusia tidak berarti boleh dilakukan. Masih banyak aspek kehidupan lain yang harus dijunjung tinggi dan dipertimbangkan sebelum melangkah,yaitu aspek-aspek moralitas, etis. dan religius, jika integritas manusia dan keberadaan speciesnya di planet bumi ini ingin dipertahankan.

Key Words: brain technology - behavior - genetic engineering - psychotechnoiogy - morality





Article Metrics

Abstract views : 214 | views : 134




Copyright (c)



View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.