Studi variasi index acromiocristalis



Suyanto Suyanto(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Index acromiocristalis ialah perbandingan lebar panggul dan lebar bahu dikalikan 100. Olivier (1969) mengatakan bahwa nilai index acromiocristalis itu tergantung pada:
- perkembangan panggul
- sex
- derajat timbunan lemak
- ras
- ripe perawakan.
Maksud tulisan ini ialah untuk mengetahui variasi index acromiocristalis dari beberapa aspek, mengingat tulisan yang lengkap tentang index acromiocristalis di Indonesia belum ada.
Materi diambil dari sebagian data anthropometris yang dikumpulkan oleh Seksi Anthropologi Ragawi Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada sebanyak 1880 orang yang terdiri dari 1220.1aki-laki dan 660 perempuan yang berumur 6 tahun sampai dengan 29 tahun.
Data menunjukkan bahwa pada perempuan ada korelasi positif yang kuat antara index acromiocristalis dengan umur, sedangkan pada laki-laki tidak demikian, dan index acromiocristalis pada perempuan mempunyai kisaran 49,32 - 114,29, sedangkan pada laki•laki 55,67 . 101,66, serta hal-hal lain yang menarik.





Article Metrics

Abstract views : 195 | views : 115




Copyright (c)



View My Stats

 

Creative Commons License
Journal of the Medical Sciences (Berkala Ilmu Kedokteran) by  Universitas Gadjah Mada is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ugm.ac.id/bik/.