Kelayakan Finansial Usaha Sapi Potong Pembibitan dengan Berbagai Bantuan Modal di Pedesaan Kabupaten Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta

https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v36i2.1588

Rini Widiati(1*)

(1) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian adalah (1) mengetahui kelayakan finansial usaha sapi potong pembibitan dengan berbagai program bantuan modal berdasarkan arus tunai pada kondisi peternak, dan (2) mengetahui kondisi finansial peternak terhadap perubahan arus tunai dari biaya tenaga kerja keluarga yang dinilai berdasarkan opportunity cost. Analisis kelayakan finansial menggunakan parameter NPV, rasio B/C dan IRR dari arus tunai pada kondisi peternak, dilanjutkan analisis sensitivitas dari perubahan biaya non tunai tenaga kerja keluarga yang dimasukkan ke dalam arus tunai. Penelitian dengan metode deskriptif kuantitatif dengan pengambilan data secara survei kepada responden peternak penerima bantuan modal menggunakan kuesioner. Program bantuan permodalan di lokasi penelitian ditetapkan program Jamsostek, Bogasari, Pertamina, SMD dan Gaduhan Perorangan. Hasil analisis finansial dengan arus tunai sesuai  yang dilakukan peternak, baik program bagi hasil maupun pinjaman dengan tingkat bunga 6% per tahun selama 4 tahun layak diusahakan dimana NPV positif, rasio B/C lebih besar 1 dan IRR lebih besar dari discount factor. Apabila opportunity cost tenaga kerja keluarga dimasukkan ke dalam arus tunai maka secara finansial semua program bantuan modal untuk usaha sapi potong pembibitan tidak layak diusahakan, ditunjukkan dari nilai NPV negatif.  

 

(Kata kunci: Bantuan modal, Peternakan sapi potong pembibitan, Opportunity cost tenaga kerja keluarga, Analisis kelayakan finansial)





DOI: https://doi.org/10.21059/buletinpeternak.v36i2.1588

Article Metrics

Abstract views : 1963 | views : 2372

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Buletin Peternakan (Bulletin of Animal Science) Indexed by:

   
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.